Kenali Khasiat Pisang

Gizi & Nutrisi / 21 October 2009

Kalangan Sendiri

Kenali Khasiat Pisang

Tammy Official Writer
7743
\"VitaminMeskipun banyak orang yang suka mengatakan bahwa pisang adalah buah si amang, tetapi tetap semua orang tahu bahwa buah panjang ini memiliki banyak manfaat.

Buah pisang mengandung mineral yang kaya seperti kalium, magnesium, fosfor, kalsium, dan besi. Bila dibandingkan dengan jenis makanan nabati lain, mineral dalam pisang, khususnya besi, hampir seluruhnya (100 persen) dapat diserap tubuh.

Kandungan vitamin yang sangat tinggi pada pisang adalah provitamin A, yakni betakaroten, sejumlah 45 mg per 100 gram berat kering, yang sedangkan pada apel hanya mengandung 15 mg. Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B, yaitu tiamin, riboflavin, niasin, dan vitamin B6 (piridoxin).

\"VitaminSelain berfungsi sebagai koenzim untuk beberapa reaksi dalam metabolisme, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin diyakini berperan aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Peran vitamin B6 ini jelas mendukung ketersediaan energi bagi otak untuk aktivitas sehari-hari. Vitamin B6 juga berperan dalam metabolisme energi yang berasal dari karbohidrat.

Oleh sebab itu, tentu akan lebih baik jika sehabis makan pagi atau makan siang, Anda menikmati pisang. Terutama di pagi hari sebelum memulai pekerjaan, Anda sudah menyimpan kandungan energi bagi otak Anda dengan pisang. Selain itu, pisang memiliki serat yang baik untuk pencernaan Anda. Ya, jangan ragu untuk menaruh pisang dalam menu buah pencuci mulut keluarga Anda.

Sumber : perempuan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami