Bahaya Rutinitas Dalam Pernikahan

Marriage / 19 October 2009

Kalangan Sendiri

Bahaya Rutinitas Dalam Pernikahan

Lestari99 Official Writer
4230

Masih ingatkah Anda ketika pertama kali berpacaran dengan pasangan Anda? Betapa menyenangkannya waktu yang Anda berdua miliki. Sepertinya setiap momen yang Anda lewati bagaikan sebuah nyanyian, sangat menyenangkan dan penuh kegembiraan. Anda berdua begitu menunjukkan kemesraan yang bisa membuat orang lain iri. Hubungan yang Anda jalani masih begitu segar, penuh dengan spontanitas dan menggairahkan.

Lalu kemudian terjadilah hal yang tidak diharapkan. Anda tidak pernah tahu kapan persisnya hal itu dimulai, tapi itu terjadi. Apakah itu terjadi beberapa saat setelah Anda menikah atau enam bulan setelah Anda berpacaran. Yang Anda tahu hanyalah semua nyanyian indah, kesenangan dan kegembiraan yang sebelumnya Anda rasakan telah pergi untuk selamanya. Lalu apa yang menggantikan semua hal itu? Jawabannya adalah rutinitas.

\"\"Salah satu alasan utama yang membuat banyak pasangan dibutakan oleh rutinitas adalah godaan kedekatan. Anda secara alami ingin mendekat kepada pasangan Anda dengan harapan Anda berdua dapat menjadi semakin akrab. Itu memang inti dari sebuah hubungan. Sayangnya, kedekatan biasanya diikuti dengan rasa puas. Dengan kata lain, sadar ataupun tidak, banyak pasangan yang berpikir bahwa ‘hadiah' itu telah dimenangkan sehingga tidak perlu lagi untuk melanjutkan permainan.

Sementara bagi pasangan lainnya, mereka menganggap rutinitas bukan sebagai masalah yang besar, hanya sebuah benih yang saat ini ditanam dan akan menimbulkan masalah satu waktu nanti. Ini hanyalah sebuah lompatan dari kedekatan rutin yang beralih menjadi ketidakpuasan.

Hubungan Anda cepat atau lambat pasti akan mengalami kerutinan tertentu, dan beberapa di antaranya di luar kendali Anda; misalnya saja jadwal kerja yang Anda miliki mungkin akan membuat Anda berdua hanya dapat bersama-sama pada hari dan waktu tertentu. Bagaimanapun juga, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mempertahankan hubungan agar tetap segar:

1. Getaran Hati yang Impulsif

\"\"Ketika hubungan Anda baru saja dimulai, spontanitas begitu mendominasi. Anda berdua bahkan tidak berpikir dua kali untuk langsung masuk ke mobil dan pergi ke sebuah tempat yang belum pernah Anda kunjungi atau mencoba restoran baru dengan menu makanan unik yang belum pernah Anda dengar sebelumnya. Ada sesuatu yang mendebarkan dan begitu indah saat menghadapi sesuatu yang baru dan bagaimanapun juga Anda berdua masih memiliki keberanian untuk bereksplorasi.

Namun dalam pernikahan, kerutinan mengajarkan Anda untuk menjadi rasional dan sadar diri. Tanggapan orang atas diri kita menjadi sebuah pertimbangan yang penting. Memang benar spontanitas tidak dapat Anda gunakan setiap saat tapi tetaplah lakukan itu dan mengalirlah. Petualangan besar maupun kecil yang tidak direncanakan terlebih dahulu merupakan cara untuk menambahkan kegembiraan dalam suatu hubungan dan dalam banyak kasus, tertawa lepas bersama dengan pasangan Anda terbukti sangat menyehatkan dan merupakan cara yang baik untuk menjalin hubungan yang lebih erat.

2. Tetap Memberikan Hadiah Kecil Di Luar Momen Khusus

Jangan buat momen ulang tahun, perayaan pernikahan ataupun momen besar lainnya menghentikan Anda untuk tetap memberikan hadiah kecil bagi pasangan Anda di luar momen-momen tersebut. Pada kenyataannya Anda dapat dengan mudah menciptakan hari spesial Anda sendiri. Bisa saja itu berupa perayaan kencan ketiga Anda atau saat Anda berdua tertawa bersama setelah menonton film paling jelek yang pernah Anda saksikan. Terkadang memberikan hadiah kecil tanpa alasan tertentu membuat pasangan Anda tahu bahwa dirinya selalu berada di hati Anda.

3. Kembali Berkencan

\"\"Kembali berkencan tidak hanya dengan makan malam di luar karena hal itupun bisa menjadi sebuah rutinitas. Sebaliknya rencanakan satu waktu di luar jadwal normal Anda dan bersikaplah seperti saat Anda berdua baru memulai hubungan. Rancanglah rencana ini dengan rapi. Lakukan dengan sebuah pola pikir dalam otak Anda bahwa Anda akan melakukan apa saja untuk membuat kesan yang baik. Memiliki waktu spesial bersama setidaknya sekali dalam seminggu dapat melepaskan kejenuhan di dalam pernikahan.

Bukan sebuah hal yang luar biasa ketika sebuah hubungan kehilangan gairah dari waktu ke waktu. Tapi masalah muncul ketika pasangan menerima rutinitas sebagai hal yang normal dan tidak melakukan apapun untuk mengembalikan semangat dan hal-hal tidak terduga yang dulu mereka miliki. Anda dapat mengembalikan hal itu dalam pernikahan Anda dengan mengembalikan spontanitas dalam hubungan, tetap memberikan hadiah kecil kepada pasangan Anda tanpa alasan selain membiarkan pasangan Anda tahu bahwa Anda mengasihinya dan kembali melakukan kencan seperti dahulu dalam awal hubungan Anda. Semua hal ini memerlukan usaha yang terus-menerus tetapi hasilnya adalah sebuah hubungan yang sangat menggairahkan dan layak untuk Anda nikmati.

Sumber : saidaonline
Halaman :
1

Ikuti Kami