Prioritas Investasi

Investment / 18 October 2009

Kalangan Sendiri

Prioritas Investasi

Budhi Marpaung Official Writer
2535

Perencanaan adalah sebuah harga mati dalam investasi. Dengan melakukan perencanaan maka orang tersebut akan mengetahui seperti apa tingkat perkembangan investasi yang ia jalani. Di dalam satu bagian perencanaan ada satu hal yang tidak boleh dipisahkan yakni masalah penganggaran.

Penganggaran atau dalam bahasa inggrisnya ditulis dengan kata budgeting adalah satu kegiatan yang berkaitan pengaturan prioritas-prioritas dimana yang paling terpenting adalah yang harus diutamakan. Dalam berinvestasi, setidaknya ada 3 prioritas utama yang harus dijalani, yakni prioritas dalam keuangan, prioritas penggunaan waktu, dan prioritas etis.

Mari kita mulai dari prioritas utama yang pertama, yakni prioritas dalam keuangan. Bagaimana kita menggunakan uang kita merupakan indikasi apa yang sebenarnya kita percayai. Lukas 16:13 menuliskan mengenai hal ini, "Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon." Jadi, uang tidak membuat kita menjadi seorang yang rohani atau begitu duniawi, tetapi lebih kepada kondisi rohani yang ada di dalam diri kita.

Walaupun tidak ditulis secara eksplisit siapa-siapa yang harus didahulukan pembayarannya, ada 3 pihak yang tidak boleh dilupakan, yakni penyedia barang (jika Anda berinvestasi dalam bentuk produk), karyawan, dan sesama pemilik investasi (bila Anda menjalankan investasi tidak seorang diri). Ketiganya haruslah Anda bayarkan sesuai dengan perjanjian yang Anda buat. Hal ini penting selain menjaga integritas Anda, Tuhan pun memperhitungkan apa yang Anda perbuat.

Prioritas kedua adalah prioritas penggunaan waktu. Walaupun ada yang berkata bahwa bila kita berinvestasi sendiri maka kita dapat mengatur waktu sesuai keinginan kita ini tidak berarti Anda tidak merencanakan waktu. Merencanakan penggunaan waktu sangatlah diperlukan karena Anda dapat melihat kualitas dalam bekerja Anda sendiri (jika Anda berinvestasi sendiri) maupun orang-orang yang Anda beri tanggung jawab untuk mengelola investasi Anda. Dan, terakhir adalah prioritas etik.

Prioritas etik ini sangatlah penting untuk melihat seperti apa kita sebenarnya. Apakah seorang yang sungguh mencintai Tuhan atau tidak. Prioritas etik dapat menjadi tolok ukur bagaimana firman Tuhan itu hidup dalam diri kita. Ada 3 hal yang sangat krusial dan menjadi perdebatan selama ini kaitanya dengan prioritas etik yakni masalah pajak, penipuan, dan penyalahgunaan waktu dan properti perusahaan. Ketiga ini dapat dikatakan masalah-masalah yang dihadapi oleh mereka yang bergerak dalam bidang usaha/investasi.

Ada beberapa yang tidak bermasalah dengan prioritas etik ini, tetapi lebih banyak orang yang jatuh karena masalah prioritas etik. Salah satu alasannya mengapa mereka melakukan perbuatan yang tidak diizinkan Tuhan tersebut adalah karena lingkungan sekitarnya. Alasan itu adalah hal yang klise dan Tuhan mengetahui itu. Jangan pernah menyalahkan situasi bila kita jatuh ke dalam dosa. Keputusan kita lah yang membuat kita jatuh.

Bagi Anda yang saat ini sedang berjuang keras meningkatkan investasi Anda dan sedang bermasalah mungkin salah satu diantara 3 prioritas diatas ada yang tidak Anda jalani pada awalnya. Oleh karenanya, mulailah atur kembali prioritas-prioritas investasi Anda dan jangan lupa tempatkan Tuhan di posisi sebenarnya dalam kehidupan Anda. Ketaatan Anda ini akan membuat setiap usaha/investasi yang Anda jalani berhasil. Percayalah!!!  

Sumber : cbn.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami