Keith Mullin, Anak-anak adalah Inspirasinya

Entrepreneurship / 14 October 2009

Kalangan Sendiri

Keith Mullin, Anak-anak adalah Inspirasinya

Budhi Marpaung Official Writer
2369

Bagi seorang investor maupun wirausahawan seperti Keith Mullin, seorang anak kecil adalah sumber inspirasinya. Setidaknya itulah yang ia alami dalam kehidupannya hingga seperti ini. Bahkan usaha yang dibangunnya yang ia beri nama Gamer Grub, target pasar produk yang dihasilkannya adalah untuk anak-anak.

Mullin membangun usahanya benar-benar dari bawah. Berawal dari keikutsertaanya mengikuti lomba penemuan terbaru yang diselenggarakan General Mills dimana ia menjadi salah seorang finalisnya, Mullin menseriusi idenya untuk membuat makanan ringan yang benar-benar baru. Percobaan demi percobaan ia lakukan namun saat itu masih belum puas dengan hasil produk yang dibuatnya sendiri.

Sampai pada akhirnya, putrinya yang juga adalah seorang pencinta dunia permainan di komputer mengatakan sesuatu kepadanya mengenai makanan kecil seperti apa yang diperlukan bagi seorang pecinta game, "rendah lemak, tidak ada remah-remah, itulah yang dikatakan puteri saya" ujar Mullin.

Ia pun melakukan apa yang dikatakan puterinya tersebut dan mulai mencari tambahan formula bagi makanan yang akan diproduksinya. Namun, pada saat dia sedang ingin mengembangkan produk usahanya. Ia menghadapi masalah keuangan. Dengan bantuan dari kerabat keluarga dan para sahabatnya, masalah keuangan akhirnya dapat diatasi sementara.

Mullin kembali berkonsentrasi dengan formula makanan ringan yang akan diproduksinya dan berhasil. Rasa makanan ringan pertama yang dibuatnya adalah rasa selai kacang dan jelly. Penemuan ini didapat Mullin saat bekerja di dapur ibunya.

Akhirnya, untuk mengetahui reaksi pasar, ia pun membawa belasan ribu produknya untuk dijadikan sample (contoh) ke jalan. Sungguh di luar dugaannya, ketika orang-orang mencoba makanan ringannya yang ketika itu belum diberi nama, hampir semua tester-nya mengungkapkan kata yang sama, yaitu 'enak'. Hatinya begitu lega dan senang mendengarnya. Sekarang tinggal mencari nama produk. Terlintas dalam pikirannya nama Gamer Grub.

Nama ini pun tidak langsung dia taruh dalam produknya. Mullin pun menanyakan nama ini kepada target produknya, tapi tidak banyak hanya satu orang dan ia adalah seorang bocah laki-laki berusia 12 tahun asal Georgia. Tahu kah apa yang dikatakan anak itu ketika nama Gamer Grub disebut sebagai nama produk tersebut? Ia berkata, "nama apa lagi yang harus diberikan kepada produk ini selain nama tersebut" dan jadilah nama Gamer Grub dipakai untuk produk makanan ringan yang diproduksinya.

Saat ini, Gamer Grub tersedia di 80 lokasi baik online maupun di toko-toko alat-alat teknologi di AS. Keuntungan yang didapat pun berjuta-juta (dalam kurs AS). Sebuah prestasi yang mengagumkan bukan?

Yang perlu dipelajari dari kesuksesan yang diraih Keith Mullin adalah idenya yang di dapat dari anak-anak, sebuah hal yang jarang dilakukan oleh para usahawan yang bergerak dalam industri untuk anak-anak sekali pun. "Kenali keinginan target pasar Anda dengan cara berinteraksi dengan mereka" itulah yang hendak ia katakan bagi Anda yang ingin meraih kesuksesan.

Sumber : entrepreneur.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami