Buah Segar Untuk Detoks Sederhana

Gizi & Nutrisi / 14 October 2009

Kalangan Sendiri

Buah Segar Untuk Detoks Sederhana

Tammy Official Writer
6041
\"FruitCoba Anda mengingat-ingat lagi kebiasaan mengkonsumsi makanan Anda setiap harinya, sudah sehatkah makanan yang Anda konsumsi tersebut?

Di dalam tubuh Anda mungkin sudah tertimbun begitu banyak makanan, terutama seperti daging, karbohidrat dari nasi, serta juga kopi, mengingat itulah kebiasaan makan masyarakat sekarang terutama Anda yang bekerja di perkantoran. Kesibukan Anda menjadikan Anda tak mempunyai waktu untuk memperhatikan makanan yang Anda konsumsi.

Sesekali Anda memerlukan detoksifikasi yakni membersihkan racun yang ada pada tubuh Anda. Tidak perlu detoks yang berat hingga ke dokter. Anda bisa detoks sederhana saja dengan alami tanpa perlu mengeluarkan uang banyak untuk ke dokter. Cukup dengan buah segar saja!

Buah segar akan selalu menjadi tokoh penting dalam berbagai macam program detoks karena kandungan vitamin, mineral, serat, asam amino, dan enzimnya dapat membantu mengikat racun dan membuangnya dari dalam tubuh Anda. Alasan lain juga karena buah segar memiliki banyak zat gizi yang penting bagi tubuh. Berikut buah-buah segar yang dapat Anda konsumsi untuk program detoks Anda:

Mangga
Buah dengan daging yang lembut dan harum ini terbukti mampu membersihkan darah. Buah ini juga baik untuk sistem ginjal dan pencernaan.

Jeruk
Seperti kita ketahui, utamanya jeruk mengandung banyak vitamin C, yakni antioksidan kuat yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas yang berbahaya dan dapat mencegah penuaan dini. Selain itu dengan antioksidan dapat membantu mengurangi resiko terserang kanker dan penyakit jantung serta meningkatkan penyerapan zat besi.

Jeruk lemon mungkin adalah buah pembersih alias detoks paling baik. Kandungan astringen dan antiseptiknya merangsang kerja hati dan kantong empedu. Dengan segelas air panas dan perasan jeruk lemon segar adalah cara paling baik untuk memulai sebuah rencana detoks. Perasan jeruk dan grapefruit segar akan merangsang pencernaan dan menyehatkan sistem tubuh. Selain itu, perasan buah-buahan tersebut juga kaya akan beta-karoten, kalsium, fosfor dan potassium. Cobalah!

Apel, Pir dan Anggur
\"FruitApel yang renyah mengandung asam malat dan asam tartaric, yang dapat berperan meningkatkan kerja sistem pencernaan dan membersihkan hati. Kandungan pectin yang tinggi akan mengikat logam berat, seperti timah. Apel juga menyediakan pasokan energi yang stabil dengan kandungan fruktosa (gula asam).

Selanjutnya ada buah Pir. Apabila dimakan secara teratur, pir bisa membantu mempercantik kulit dan membuat rambut berkilau. Selain itu, pir juga berperan sebagai obat diuretic (pendorong produksi air seni) dan laksatif (pencahar) yang efektif. Selanjutnya ada juga buah anggur. Anggur yang banyak digunakan dalam monodiet sehari merupakan salah satu alat detoks yang paling efektif. Buah ini terbukti dapat meringankan sembelit dan membantu mengatasi masalah ginjal, hati, sistem pencernaan, serta kulit. Anggur yang paling baik yang dianjurkan adalah anggur putih atau anggur merah.

Itulah dia buah-buah segar yang dapat membantu membersihkan racun dalam tubuh Anda. Ini adalah detoks paling menyegarkan dan murah yang cocok bagi Anda yang sibuk hingga tak bisa mempunyai waktu untuk memperhatikan konsumsi makanan Anda. Buah-buah ini dapat Anda konsumsi kapan saja, bahkan bisa Anda jadikan ‘cemilan' sehat Anda.

Selamat menjalani gaya hidup sehat!

Sumber : perempuan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami