Demi Baju Baru, Jual Barang ke Pegadaian

Nasional / 6 September 2009

Kalangan Sendiri

Demi Baju Baru, Jual Barang ke Pegadaian

Budhi Marpaung Official Writer
3944

Tradisi belanja pakaian atau barang-barang baru menjelang lebaran sepertinya belum dapat dihilangkan dalam masyarakat di Indonesia saat ini. Bahkan tidak jarang, demi mewujudkan hal tersebut, mereka harus menggadaikan barang di kantor pegadaian.

Lembaga berlambang timbangan tersebut menjadi pilihan tempat favorit masyarakat perkotaan yang hendak mendapatkan uang "segar" agar bisa membelikan kebutuhan hari raya.

Salah seorang warga jakarta yang merupakan pelanggan pegadaian, Ahmad Sugianto mengaku melakukan transaksi tukar menukar barang dengan uang itu agar dapat membeli baju lebaran dan keperluan lainnya. 

Ahmad Sugianto adalah salah satu dari banyak orang di negeri ini yang memanfaatkan suatu lembaga untuk memperoleh uang dengan waktu cepat agar bisa memenuhi keinginan mereka. Sungguh miris memang dimana perekonomian belum membaik tetapi perilaku konsumtif masyarakat tetaplah tinggi.

Sepertinya perlu diadakan perubahan paradigma yang dilakukan oleh para pembuat opini di masyarakat agar orang-orang yang sebenarnya tidak mampu secara ekonomi dan yang mampu juga agar tidak menomorsatukan pembelian produk yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh mereka. Semoga hal ini dapat terwujud dan Indonesia tidak lagi dikenal sebagai negara konsumen semata tetapi juga produsen yang kreatif dan memberikan dampak bagi dunia ini dengan produk-produk yang dihasilkan.

Sumber : liputan6.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami