Sehat + Cantik = Perfecto

Gizi & Nutrisi / 19 August 2009

Kalangan Sendiri

Sehat + Cantik = Perfecto

Tammy Official Writer
5877
\"HelthyPerempuan sehat sudah pasti cantik, tapi perempuan cantik belum tentu sehat. Hmm, Anda tidak percaya? Ilmu kesehatan ala Cina, misalnya, menyebutkan kecantikan luar hanya bisa didapat dari kecantikan dalam. Mengkonsumsi makanan dan minuman sehat adalah salah satu cara untuk mendapatkan kecantikan luar. Sementara itu, cantik adalah berkat alam. Yups, tidak diragukan lagi bahwa segala sesuatu dari alam memang menjamin kecantikan dan kesehatan tubuh. Namun, tentu saja selama Anda mengolahnya dengan baik.

Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari alam adalah buah-buahan. Buah-buahan memiliki manfaat yang secara alami dapat mengurangi rasa lelah, membantu proses detoksifikasi dan juga menyembuhkan penyakit ringan. Proses detoksifikasi misalnya, merupakan proses eliminasi atau menetralkan racun (toksin) di dalam tubuh. Hal ini merupakan suatu bentuk pencegahan dengan cara membuang timbunan kelebihan sampah sisa-sisa hasil metabolisme, yang merupakan racun bagi tubuh. Buah-buahan ternyata memiliki khasiat untuk membantu proses detoksifikasi secara alami di dalam tubuh.

An apple keeps the doctors away. Demikian filosofi kesehatan yang mengungkapkan manfaat besar apel bagi tubuh. Tidak hanya apel, buah-buahan lain yang memiliki nutrien penting seperti jeruk, nanas, stroberi, wortel, papaya, dan lainnya ternyata dapat dinikmati dengan berbagai macam olahan. Misalnya, jus yang sarat dengan berbagai nutrient. Beberapa manfaat nutrien penting tersebut, misalnya:
- Besi, bermanfaat dalam pembentukan hemoglobin dalam darah. Jambu merah adalah salah satu buah yang kaya akan besi.
- Asam folat, digunakan dalam metabolisme asam nukleat. Kekurangan asam folat pada ibu hamil, dapat menyebabkan anemia. Asam folat dapat ditemui dalam wortel dan lobak cina.
- Beta karoten, senyawa penting yang akan diubah tubuh menjadi vitamin A yang sangat penting bagi kesehatan mata. Contoh buah yang kaya akan beta karoten adalah apel, wortel, dan stroberi.
- Kalsium, berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi.
- Vitamin, membantu proses detoksifikasi dan sumber antioksidan bagi tubuh.
- Potasium, berfungsi mengatur jumlah cairan dalam tubuh sehingga penting bagi pengaturan tekanan darah. Buah-buahan seperti ceri, anggur, dan pir diperkaya dengan senyawa ini.
- Dari beberapa nutrien di atas, tentunya Anda ingin sekali mengintip beberapa resep sederhana pembuatan jus yang berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

JUS SEHAT
Daya tahan tubuh Anda akan segera meningkat dengan jus kaya vitamin C dan beta karoten ini.
Bahan:
2 buah jeruk ukuran besar
jeruk lemon
jeruk nipis
1 potong papaya
madu secukupnya
Cara membuat:
1. Kupas bersih jeruk dan papaya
2. Masukkan dan haluskan ke dalam blender
3. Sajikan dengan diberi madu

Selain resep sehat di atas, resep berikutnya penting bagi kesehatan kulit Anda. Dari problem jerawat sampai khasiat antikerut ternyata bisa diperoleh dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan. Voila! Resep berikut ini dapat Anda coba untuk membuktikannya.

\"JusJUS USIR JERAWAT
Diperkaya dengan vitamin B2, beta karoten, dan seng, buah-buahan seperti wortel dan lobak cina ternyata ampuh mengusir jerawat.
Bahan:
4 buah wortel
1 buah lobak cina
2 cm jahe
Cara membuat:
1. Masukkan semua bahan ke dalam blender
2. Sajikan dengan tambahan es sesuai selera

JUS ANTIKERIPUT
Menjadi tua adalah proses. Tapi, menjadi tua sebelum waktunya tentu tidak akan pernah ada yang menginginkan. Dengan minum kombinasi vitamin B2, C, E, dan selenium secara teratur, bukan tidak mungkin penuaan dini dapat dicegah.
Bahan:
4 buah wortel
1 buah pir
6 lembar daun seledri
Segenggam peterseli
Cara membuat:
1. Cuci bersih semua bahan dan haluskan dengan blender
2. Sajikan dingin

Sumber : Editor's Choice
Halaman :
1

Ikuti Kami