Buah Pepaya Kaya Vitamin dan Mineral Lho

Gizi & Nutrisi / 8 August 2009

Kalangan Sendiri

Buah Pepaya Kaya Vitamin dan Mineral Lho

Budhi Marpaung Official Writer
5426

Anda mungkin tidak asing dengan buah yang satu ini. Pepaya merupakan buah yang kaya vitamin dan mineral. Selain dapat dikonsumsi secara langsung, pepaya dapat juga digunakan sebagai campuran rujak, jus, dan es buah.

Buah papaya mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang sangat berguna bagi tubuh, diantaranya potasium, zat adalah elektrolit yang penting tubuh, kalsium yang bermanfaat bagi tulang, enzim papain-nya sangat berfungsi bagi mereka yang susah buang air besar.

Berdasarkan Sumber Daya Nabati Asia Tenggara 2, tiap 100 gram papaya terkandung 450 miligram vitamin A, 64 miligram Vitamin C, 86,6 gram air, o,5 gram protein, dan 0,7 gram serat.

Buah yang sering disebut dengan Carica papaya L sebenarnya telah dikenal jauh sebelum saat ini. Petualang laut yang menemukan benua Amerika Christopher Columbus pun memberikan nama bagi buah yang satu ini ‘"the fruif of angels".

Keseluruhan dari pepaya yang dapat dimanfaatkan untuk umat manusia membuat banyak orang tertarik untuk mengkonsumsinya. Salah satu bagian dari pepaya yang berguna adalah pada daunnya. Daun pepaya bermanfaat mengobati malaria, cacingan, sakit perut, dan melunakkan daging.

Wah menarik bukan akan khasiat dan manfaat dari buah pepaya. Hanya dengan satu buah saja, banyak kandungan zat di dalamnya. Tertarik untuk mengonsumsinya setiap hari??

Sumber : Kompas.com/bm
Halaman :
1

Ikuti Kami