Kenali Penghalang Kreatifitas

Career / 7 August 2009

Kalangan Sendiri

Kenali Penghalang Kreatifitas

agnes.faith Official Writer
4257

Pola pikir

Orang yang berproduktif akan berusaha menemukan cara piker berbeda, cara pandang berbeda, dan merespon dengan cara-cara non konvensional dan bahkan unik. Pola semacam ini selalu merangsang kreatifitas. Sedangkan mereka yang berpola piker reproduktif censderung merespon masalah dengan cara dan pikiran lama. Ini menyebabkan kekakuan berpikir dan jadi penghalang kreatifitas.

Paradigma

Paradigma seseorang (cara mempersepsi, memahami, dan menafsirkan dunia sekeliling) sangat mempengaruhi kreatifitasnya. Seorang dengan paradigma anti konflik umumnya kurang menyukai perubahan, bahkan membenci perubahan yang lebih dianggap sebagai ancaman terhadap kemapaman daripada dipersepsi sebagai peluang perbaikan. Kreatifitas bisa lhir lewat benturan, persinggungan dan penyatuan unsure yang berbeda atau bahkan saling bertentangan.

Rasa takut

Takut diabaikan, takut dicemooh, takut dikritik takut dievaluasi, takut mencoba, takut mengambil resiko, takut dianggap bodoh, dan berjuta ketakutan lainnya adalah suatu penghalang kreatfitas yang paling mudah dikenali. Kebanyakan rasa takut membuat seseorang cenderung enggan mewujudkan potensi dan mengembangkan kreatifitasnya.

Motivasi

Tanpa motivasi orang cenderung tidak terdorong atau tergerak untuk meraih sesuatu yang diinginkan. Padahal yang namanya kreatifitas sering menuntut satu rangkaian persiapan, pemikiran, dan pemecahan persoalan. Dan ini membutuhkan usaha dan kerja keras dalam level tertentu. Kalau motivasi rendah, orang jadi kurang menyukai kerja keras, kurang tekun dan tidak memanfaatkan kemampuan kreatifnya untuk memecahkan tantangan.

Kebiasaan

Seperti disebut di awal, orang-orang kreatif umumnya punya kebiasaan-kebiasaan yang menstimulasi kreatifitasnya. Sementara orang-orang yang kurang kreatif memiliki kebiasaan tertentu yang sayangnya justru meredam kreatifitas mereka. Misalnya suka menghindari masalah (bukannya mencari solusi), malas berpikir, anti tantangan, menghakimi ide-ide baru, berpuas diri, menghindari hal-hal imanjinatif.

Termasuk tipe apakah Anda? apakah hal-hal diatas ada dalam diri Anda? pilihan ada ditangan Anda. Keputusan hari ini akan menentukan hari esok.

Sumber : kingdom
Halaman :
1

Ikuti Kami