Membangun Kemampuan Bercakap

Career / 5 August 2009

Kalangan Sendiri

Membangun Kemampuan Bercakap

Tammy Official Writer
3119
Dalam dunia bisnis dimana Anda sering kali diharuskan berhadapan dengan presentasi, atau dalam situasi dimana Anda harus membuat koneksi dengan orang lain, Anda tentu saja harus mengasah kemampuan percakapan Anda dengan efektif.

Beberapa orang membangun kemampuan ini dengan memfokuskan pada beberapa langkah kunci. Sementara tersedia juga buku-buku yang membahas seni percakapan yang efektif, melalui artikel berikut akan memecahkan beberapa konsep penting menjadi poin-poin yang mudah dimengerti.

Mempelajari kemampuan ini sangatlah bermanfaat. Anda akan jauh di depan rekan-rekan Anda, dan Anda akan lebih mudah meminta orang lain atau meyakinkan orang lain untuk memahami sesuatu dari sudut pandang aAnda.

1) Berhenti, tatap, dan simak.
Maksudnya adalah ketahui kapan untuk berhenti berbicara, mempertahankan kontak mata, dan menyimak orang lain. Banyak orang berpikir dengan mendominasi diskusi, mereka sedang menunjukkan kemampuan bercakap yang efektif.

Orang tersebut salah. Saat Anda memiliki hal penting untuk disampaikan, Aanda juga harus mempersilakan orang lain mengeluarkan pendapat mereka. Percakapan bukan perjalanan satu arah. Belajarlah untuk menangkap isyarat dari setiap percakapan.

2) Menjadi orang yang mudah dipahami.
Memahami banyak istilah-istilah dalam bahasa mungkin akan mengesankan, tapi tidak saat orang yang Anda ajak bicara tidak tahu sama sekali apa yang Anda bicarakan. Memiliki kemampuan bercakap yang efektif memerlukan Anda untuk menyesuaikan dengan tingkat seseorang yang anda ajak bicara.

Pastikan untuk berbicara dengan jelas. Jangan menggumamkan kata-kata Anda atau berbicara terlalu pelan. Miliki rasa percaya diri, dan Anda akan memiliki kemudahan dalam berbicara.

3) Ekspresikan diri Anda.
Ada lebih dari satu cara mengekspresikan diri Anda dalam percakapan. Jika Anda ingin orang tahu Anda sedang diburu waktu, lihat jam tangan Anda dengan sering. Akan tetapi, jangan lakukan ini juga pada setiap klien penting Anda.

Mengasah Kemampuan BerbicaraKetika Anda merasa tertarik, condongkan badan Anda sedikit ke depan atau tatap si pembicara, mata yang berkeliaran adalah tanda bahwa Anda kehilangan minat.

Jaga jarak Anda dan jangan berdiri terlalu dekat dengan orang lain, apalagi jika aAnda belum terlalu mengenal satu sama lain atau dalam situasi profesional.

Ini hanya beberapa kemampuan bercakap yang mungkin akan membuat atasan atau rekan sangat menghargai diri Aanda. Anda juga akan mulai merasa nyaman dengan diri Anda dan cara Anda bercakap.

Sumber : perempuan.com
Halaman :
1

Ikuti Kami