Sebuah Keputusan Yang Menentukan

Psikologi / 15 June 2009

Kalangan Sendiri

Sebuah Keputusan Yang Menentukan

Puji Astuti Official Writer
4715

Sebuah cara yang bisa membuat seseorang bisa mengedalikan diri bahkan dalam kondisi yang emosional serta membuat keputusan yang benar adalah kemampuannya melakukan dialog internal.

Dengan melakukan dialog internal seseorang dapat mempertimbangkan baik buruknya dari keputusannya, serta memprediksi konsekwensi dari keputusan itu. Namun kecenderungan yang akan terjadi adalah orang tersebut akan membuat keputusan berdasarkan apa yang baik  bagi dirinya, bukan bagi orang lain. Jika orang tersebut tidak menjaga hati nurani mereka, maka kecenderungan egosentris akan sangat besar.  Jika hati nurani mereka terjaga, maka mereka pasti akan memikirkan kepentingan orang lain juga.

Untuk itu, mari kita lihat beberapa hal yang bisa menolong Anda dalam melakukan dialog internal.

  • Tanya jawab.

Salah satu cara paling baik adalah merangsangnya dengan pertanyaan. Ketika Anda terpancing untuk merasa tersinggung atas guyonan seorang rekan, tanyakan pada diri Anda, "apakah hal ini harus ditanggapi dengan begitu serius? Bukankah aku bisa membicarakannya dengan baik-baik mengenai hal ini dengannya?" dan seterusnya.

  • Bayangkan akibatnya

Seringkali orang yang reaktif terhadap suatu masalah atau kejadian karena tidak pernah berpikir panjang akan akibat yang mungkin ditimbulkannya. Untuk itu, setiap kali Anda sedang menghadapi masalah, berhenti beberapa saat dan pikirkan kemungkinan akibat dari setiap tindakan Anda.

  • Bermain peran

Hal ini mencoba mengambil sudut pandang orang lain dengan menempatkan diri Anda sebagai pribadi tersebut. Sebagai contoh, seorang teman pernah bercerita ketika suatu hari dia di todong, dia berpikir "Jika Tuhan Yesus berada dalam posisi saya, kira-kira Dia akan melakukan apa ya..?" Sekalipun dirinya bisa beladiri, alih-alih melawan si penodong, dia malah bertanya, "kamu kenal Tuhan Yesus ngga?" Singkat cerita penodong itu tidak jadi menodongnya, malah melarikan diri. Andaikata dia melawan penodong itu, mungkin saja dia akan terluka.

  • Mendengarkan hati nurani Anda.

Hati kecil kita pasti bicara ketika kita membuat keputusan yang salah. Untuk itu sangat penting untuk jujur terhadap diri sendiri dan menjaga hati nurani tetap murni.

Kehidupan Anda di depan nanti ditentukan oleh keputusan-keputusan yang Anda buat hari ini. Untuk itu, sangat penting untuk membuat keputusan yang benar setiap hari. Jika Anda orang percaya, libatkan Tuhan dalam setiap keputusan Anda. Tanyakan dan coba lihat dari cara pandang Tuhan mengenai setiap masalah yang Anda hadapi. Percayalah, jika Tuhan di pihak Anda, maka hari depan Anda adalah masa depan yang cerah dan penuh harapan.

Sumber : Jawaban.com/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami