Memar? Jangan Dipijat!

Memar? Jangan Dipijat!

Lestari99 Official Writer
2794

\"\"Jika seseorang mengalami memar karena jatuh atau terbentur, hal pertama yang biasa kita lakukan adalah memijat. Masyarakat percaya dengan memijat dapat menyembuhkan. Namun ternyata, anggapan tersebut salah.

"Kalau memijat hanya untuk melemaskan otot itu masih boleh. Tapi kalau terjadi memar, dengan memijat justru akan membuat pendarahan yang semula terhenti akan terjadi lagi," kata dr Peni Kusumastuti, SpRM, spesialis saraf, saat media gathering bertajuk "Solusi Problem Tulang Belakang Secara Terpadu," di Jakarta.

Peni menerangkan, pada saat terbentur memang terjadi pendarahan pada pembuluh. Namun, tubuh mempunyai kemampuan alami untuk memberhentikan pendarahan itu.

"Pada saat dipijat, memang terasa enak karena darah mengalir. Tapi justru itu yang memicu terjadi pendarahan lagi," terang Peni.

Dipijat, lanjut dia, justru akan menambah pembengkakan pada otot ligamen. Maka hal pertama yang harus dilakukan jika mengalami benturan yang menyebabkan pecahnya pembuluh darah adalah segera menghentikan kegiatan dan lakukan pendinginan dengan pengompresan menggunakan es batu.

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami