Tipe Humor dan Dampak Bagi Kehidupan Anda

Psikologi / 28 May 2009

Kalangan Sendiri

Tipe Humor dan Dampak Bagi Kehidupan Anda

Puji Astuti Official Writer
7725

Apakah Anda sering membuat banyolan, atau bahkan di juluki badut? Dalam kehidupan saat ini selera humor Anda akan menggambarkan seperti apa hubungan Anda dengan orang lain dan juga dengan diri sendiri.

Jaman Yunani kuno mempercayai bahwa selera humor adalah sesuatu yang penting. Menurut para psikolog melucu adalah indikasi bahwa seseorang memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik dan kehidupan yang sehat.

Namun dari hasil penelitian Rod Martin, seorang psikolog dari University of Western Ontario, humor adalah sebuah pedang bermata dua. Hal itu bisa membantu Anda menjaga hubungan baik Anda dengan orang lain dan menjaga hidup Anda tetap sehat, namun ada sisi negatifnya juga yaitu menutupi rasa tidak percaya dirinya dan menganggap orang lain sebagai karakter antagonis.

Sebagai contoh seringkali humor digunakan sebagai sarana sindiran kepada orang lain, hal ini akan menimbulkan efek tekanan secara tidak langsung kepada orang lain.

Humor memang penting dalam kehidupan social, namun bagaimana Anda menggunakannya akan menceritakan banyak hal tentang diri Anda. Contohnya, mereka yang menggunakan humor sebagai sarana pembelaan diri membuat-olok diri untuk kesenangan orang lain, hal ini dilakukan karena dia tidak bisa berdamai dengan dirinya sendiri.

Berikut beberapa jenis humor dan alasan dibelakangnya:

Humor yang merendahkan

Ini adalah jenis humor yang agresif dan digunakan untuk mengkritik dan memanipulasi orang lain dengan hal-hal sarkastik serta menggelikan. Humor merendahkan adalah seperti menceritakan hal-hal memalukan tentang teman kita pada orang lain, hal ini membuat teman kita terlihat buruk dihadapan orang lain dan Anda terlihat baik.

Untuk melegalkan apa yang mereka lakukan, mereka yang membuat humor yang merendahkan sering menggunakan alasan "cuma bercanda." Tanpa disadari humor yang seperti ini dapat merusak hubungan karena menyakiti hati orang lain.

Humor Menyenangkan

Orang yang memiliki kemampuan humor yang menyenangkan, seringkali di kelilingi oleh teman-temannya. Mereka membuat orang tertawa, dan memiliki sikap bersahabat yang menyenangkan. Dia adalah orang yang bisa menertawakan kesalahannya sendiri.

Tapi tetap saja orang yang berselera humor jenis ini memiliki sisi gelap, orang ini seringkali berusaha menyenangkan semua orang. Terkadang mereka sendiri menderita, namun tidak bisa memperlihatkan kepada orang lain karena ingin mempertahankan imagenya sebagai seorang humoris yang tidak memiliki masalah.

Menertawakan kehidupan

Kita sering mengagumi orang yang "tidak menganggap hidupnya dengan serius." Orang jenis ini menggunakan humor sebagai alat untuk bertahan menghadapi tantangan kehidupan, mengambil selangkah mundur untuk bisa menertawakan kesulitan hidup yang terjadi sehari-hari.

Humor yang sehat akan memampukan Anda mengelola hubungan Anda dengan orang lain, namun juga membuat Anda bisa menghadapi kehidupan Anda dengan baik dan emosi Anda bisa stabil. Jadi, ketika Anda mulai guyon dengan rekan Anda, coba cermati apakah guyon Anda sehat atau tidak.

Sumber : psikology today/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami