Kekurangan Enzim Akibatkan Kekurangan Gizi

Gizi & Nutrisi / 11 May 2009

Kalangan Sendiri

Kekurangan Enzim Akibatkan Kekurangan Gizi

Lestari99 Official Writer
6292

\"\"Gangguan kekurangan gizi yang kronis dapat menyebabkan penderita mengalami malgizi atau kurang gizi yang mengakibatkan berat badan berkurang dan daya tahan tubuh juga menurun.

Kekurangan enzim pada akhirnya dapat mengakibatkan nyeri ulu hati, rasa tidak nyaman di ulu hati, mual serta muntah, perut terasa kembung, serta terlalu seringnya seseorang bersendawa.

Pada dasarnya enzim adalah suatu protein yang dibutuhkan tubuh untuk memecah makanan sehingga menjadi bagian-bagian yang lebih mudah diserap oleh dinding dalam usus. Ada beberapa jenis enzim yang dikenal di kedokteran, seperti ada enzim yang berfungsi untuk memecah karbohidrat, untuk mengurai laktosa, memecah lemak serta memecah protein dalam lambung.

Kekurangan enzim pada seseorang bisa mengakibatkan malabsorbsi serta menjadi penyebab utama diare kronik. Nyeri perut tidak selalu disebabkan oleh sakit maag.

Untuk mengatasi masalah kekurangan enzim ini, penderita disarankan untuk melakukan diet terutama agar mengurangi makanan yang berlemak, keju serta coklat. Obat untuk mengatasi malabsorbsi adalah suplemen enzim yang biasanya direkomendasikan para dokter bagi penderita malabsorbsi.

Sumber : kapanlagi
Halaman :
1

Ikuti Kami