Harimau Juga Perlu Diet

Serba-Serbi Sehat / 21 March 2009

Kalangan Sendiri

Harimau Juga Perlu Diet

Lestari99 Official Writer
5453

Tidak hanya wanita yang perlu menjaga berat badannya, harimau juga perlu menjaga tubuhnya agar tetap langsing.

Pemerintah Nepal mengatakan, pekan ini mereka telah menghentikan pemberian makan kepada harimau di satu-satunya kebun binatang di negara itu dengan mengurangi jatah makanan satu hari dalam satu pekan.

Penghentian itu dilakukan agar harimau-harimau itu tidak bertambah gendut. Satu dari tiga kucing besar itu saat ini mencapai berat 220 kilogram, bertambah sekitar 40 kilogram dalam delapan bulan terakhir setelah makan daging kerbau.

Diet untuk Kancha, yang berarti anak bungsu, demikian nama si harimau gendut itu, dan dua harimau bengali lainnya dilakukan setelah berkonsultasi dengan pengelola kebun binatang di luar negeri.

"Kami tidak memberi harimau makan kecuali air pada hari Sabtu," ujar pejabat di kebun binatang, Binad Karmacharya seperti dilansir Reuters. "Praktek pemberian makanan selama enam hari dalam satu pekan baik untuk kesehatan mereka," katanya.

Harimau dewasa dapat mencapai bobot hingga 300 kilogram. Hanya tersisa sekitar 4.000 harimau di hutan liar di seluruh dunia pada tahun 2008 menurut perhitungan dari World Wide Fund for Nature (WWF).

Sumber : kompas
Halaman :
1

Ikuti Kami