Be Profesional When Resign

Career / 13 February 2009

Kalangan Sendiri

Be Profesional When Resign

Tammy Official Writer
4284
Memang sulit untuk memutuskan pindah kerja, tapi semua itu harus Anda lakukan karena tuntutan hidup. Untuk memulai sebuah fase hidup yang baru atau lebih baik maka timbul pemikiran mencari pekerjaan baru.

Apalagi ada perusahaan yang menawarkan posisi dan salary yang cukup menggiurkan Anda. Tentu saja, pemikiran untuk pindah semakin kuat dalam benak Anda.

Saat menghadapi detik-detik terakhir merupakan kunci untuk mendapatkan referensi dan menjaga jaringan profesional yang selama ini Anda bina. Sebelum Anda meninggalkan perusahaan lama, sebaiknya simak beberapa langkah dibawah ini agar keputusan Anda semakin mantap.

Rencanakan strategi. Miliki strategi saat Anda memutuskan berhenti dari perusahaan yang lama. Persiapkan dan pikirkan secara sungguh-sungguh maka akan membantu Anda keluar dari tempat kerja Anda secara profesional. Persiapkan juga pengunduran diri sebaik-baiknya untuk memperlihatkan kepada atasan dan segenap rekan sekerja bahwa Anda seorang yang bertanggung jawab dan bisa diandalkan sampai titik darah penghabisan.

Menulis surat pengunduran diri. Sudah menjadi tradisi, bila karyawan yang akan mengundurkan diri harus mengirimkan surat permintaan secara resmi kepada pihak perusahaan. Cobalah tuliskan surat pengunduran diri Anda ringkas saja, dengan kalimat-kalimat yang manis.

Yang harus Anda ingat adalah surat pengunduran diri sama sekali bukan tempat untuk "curhat", mengekspresikan perasaan-perasaan negatif terhadap atasan. Karena surat ini bukan untuk mengumbar keluhan atas pekerjaan yang Anda jalani. Jadi Anda tidak perlu menyebutkan dengan detail alasan pengunduran diri Anda. Cukup sebutkan saja dengan kalimat sederhana yang intinya mengungkapkan bahwa Anda ingin mencari kesempatan lain yang lebih menantang. Jangan lupa ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberi Anda kesempatan untuk berkarir dan berkarya di kantor tersebut.

Professional ResignMengundurkan diri secara empat mata. Memang mengundurkan diri merupakan sesuatu yang tidak mengenakkan hati. Tetapi memang hal penting untuk memberi kabar secara pribadi kepada atasan Anda sebagai tanda penghormatan. Anda bisa ungkapkan kepada atasan tentang rencana pengunduran diri Anda sebelum menceritakan kepada teman sekantor Anda. Jadi jangan pernah Anda merasa perlu menjelaskan atau mencari pembenaran untuk kepergian Anda secara detail.

Hari terakhir Anda di tempat kerja akan menjadi hari yang sibuk karena Anda harus membereskan barang-barang Anda di meja, menulis surat pelimpahan wewenang kepada pengganti Anda serta mengucapkan selamat tinggal kepada semua teman Anda. Pastikan juga Anda telah mengkomunikasikan semua proyek yang sedang Anda kerjakan kepada atasan Anda, sebelum Anda pergi.

Perilaku Anda pada hari terakhir akan meninggalkan kesan yang tidak terlupakan pada semua orang di kantor. Anda pasti ingin dikenang dalam kesan yang baik. Semoga berhasil.

Sumber : perempuan.com/Tmy
Halaman :
1

Ikuti Kami