Salam Natal Paus, Damai Bersama Anda

Nasional / 25 December 2008

Kalangan Sendiri

Salam Natal Paus, Damai Bersama Anda

Puji Astuti Official Writer
3978
Paus Benediktus XVI memimpin Misa Tengah Malam di Santo Basilika, Vatikan, Kamis (25/12) dini hari. Mengenakan busana kebesaran warna putih dan jubah keemasan, pemimpin tertinggi umat Katolik itu berjalan menuju prosesi di mimbar utama. Senyumnya mengembang. Ia berhenti beberapa kali untuk mengulurkan tangan dan memberkati anak-anak.

Paus memulai misa dengan salam perdamaian dalam bahasa Latin, "Pax vobis (Damai Bersama Anda)." Umat Katolik pun menjawab, "Et cum spiritu tuo (Dan juga dengan Anda)."

Ribuan anggota jemaat, warga Roma dan turis, membanjiri Santo Basilika untuk menghadiri misa. Bagi yang tidak bisa masuk ke lokasi bisa menyaksikan prosesi melalui layar raksasa di Lapangan Santo Petrus.
Hari Rabu, Paus tampil sebentar di jendela pribadinya untuk memberkati umat yang memenuhi Lapangan Santo Petrus dan menyalakan lilin sebagai tanda perdamaian.

Sebelum Paus menyalakan lilin, orang kedua Vatikan, Kardinal Tarcisio Bertone menyampaikan prosesi menyalakan lilin itu adalah ajakan bagi semua umat untuk mendoakan perdamaian. "Saya sampaikan bagi semua yang mendengarkan,
nyala lilin perdamaian di dalam diri Anda akan membantu Anda mendengarkan dan berbagi penderitaan bagi yang menderita," kata Bertone.

Hari ini Paus juga menyampaikan pesan Natal "Urbi et Orbi (untuk kota dan dunia)" dari balkon Santo Basilika. Secara tradisi, pesan Natal itu menyoroti berbagai isu dan peristiwa yang memprihatinkan Vatikan. Dia kemudian menyampaikan selamat Natal dalam lebih dari 60 bahasa.

Sumber : Kompas/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami