Menjadi Secret Santa, Jadikan Natal Penuh Sukacita

Investment / 25 December 2008

Kalangan Sendiri

Menjadi Secret Santa, Jadikan Natal Penuh Sukacita

Puji Astuti Official Writer
3824

Uang seringkali menjadi topik yang tidak begitu di sukai oleh banyak orang Kristen. Seorang penulis tak dikenal pernah menulis, ‘Banyak orang mau memberi kepada Tuhan dengan cara kredit (janji iman), hanya sedikit dari mereka yang mau memberi secara tunai.' Uang seringkali menjadi sebuah beban ketika bicara tentang memberi, namun begitu diinginkan jika dilihat sebagai berkat.

Ada sebuah cerita nyata tentang orang yang membuat pilihan untuk memberi secara tunai kepada Tuhan. Secara luar biasa tindakannya itu mengubah hidupnya sendiri dan juga ratusan orang lainnya. Kisah ini terjadi di Kansas City 27 tahun yang lalu.

 

Pria ini dikenal di Kansas sebagai Secret Santa yang berjalan di sepanjang jalan yang sepi Kansas pada tiap bulan Desember dan memberi orang-orang uang tunai. Dia memulai dengan memberi uang $5 atau $10. Sepertinya keberuntungannya terus bertambah, sehingga dia meningkatkan pemberiannya. Di kemudian hari, Secret Santa membagikan $100 dolar uang kertas pada orang-orang yang ditemuinya. Kadang dua atau tiga kali dia dapat di jumpai di depan pertokoan, di restoran atau tempat parkir.

 

Uang yang diberikannya pada orang-orang diperkirakan mencapai 1.3 juta dolar. Hal ini menjadi misteri setiap natal selama beberapa tahun tentang siapakah Secret Santa ini.

 

Hingga pada sebuah natal, pada minggu terakhir baginya menjalani kemotherapi dan dia dibekali dengan semangat yang besar untuk melakukan kebaikan. Akhirnya Secret Santa memutuskan untuk menunjukkan jati dirinya.

 

Larry Steward, seorang bisnisman berumur 58 tahun dari Kansas City, pengusaha bidang tv cable dan telephone, dia inilah Secret Santa itu. Sekalipun Steward juga telah memberikan sumbangan bagi komunitas di Kansas City, dia tetap memberikan dengan murah hati secara tunai dengan diam-diam pada pribadi demi pribadi yang ditemuinya. Dia melakukan hal itu, karena kadang ada orang yang tak berani meminta-minta, mengantri sumbangan namun benar-benar membutuhkan pertolongan.


Apa yang dilakukannya bermula pada hari sebelum natal pada tahun 1979. Di hari itu dia dipenuhi dengan rasa mengasihani dirinya sendiri. Namun sebuah pertemuan mengubahkan kehidupannya. Dia menemukan hari itu, bahwa memberi membuatnya merasakan sukacita yang sangat luar biasa.

 

Saat itu Steward sedang menuju kesebuah restoran drive-in dengan perasaan yang begitu buruk karena baru saja dipecat dari pekerjaannya sekali lagi. Dia menggambarkan Desember itu seperti ini, "Saat itu sangat dingin, dan saya berada di mobil. Saya mengatakan pada diri saya sendiri, ‘Ku pikir aku sangat tidak beruntung. Tapi dia diluar sana kedinginan hanya untuk mengumpulkan recehan," katanya. Dia memberikan $20 pada pelayan wanita itu, dan memberikan kembaliannya pada wanita itu. "Kamu simpan saja kembalinya," ucap Steward.

 

Dan tiba-tiba bibir wanita itu mulai bergetar dan air mata mulai mengalir di wajahnya, "Tuan, Anda tidak pernah tahu betapa berartinya ini untuk saya." Wanita itu mengungkapkan ucapan terima kasih dengan penuh haru, hal tersebut membuat Steward sangat kaget.

 

Larry Steward sangat tersentuh oleh kejadian tersebut. Besok paginya dia memutuskan untuk pergi ke bank dan mengambil 200 dolar dari tabungannya, lalu dia mulai berkeliling dengan mobilnya untuk mencari orang yang bisa diberinya uang. "Itu adalah hadiah natal bagi diri saya sendiri," katanya. Sejak itu setiap Desember, setiap tahunnya kebiasaan itu terus dilakukannya.

 

Setahun setelah pengakuannya itu, Steward mengalami komplikasi dan  meninggal dunia pada usia 58 tahun karena kanker yang dideritanya. Sekalipun dia telah meninggal, apa yang dilakukannya   banyak orang untuk mendonasikan waktu dan uang mereka untuk membantu orang lain.

 

"Untuk itulah kita ada disini," ungkapnya,"untuk membantu orang-orang keluar dari masalahnya."

 

Pada natal ini, buatlah percobaan ini untuk mengukur tingkat sukacita Anda. Pergilah, dan belilah gaget atau apa yang Anda inginkan untuk hadiah natal bagi diri Anda sendiri. Setelah itu, temui seorang ibu yang putus asa dan membutuhkan pertolongan, berilah uang dalam jumlah yang sama  padanya. Atau berikan uang pada wanita tua yang tak sanggup membayar seorang dokter. Atau carilah seorang anak yang tak pernah menerima hadiah natal, dan berilah dia sesuatu yang indah. Kemudian bandingkan sukacita Anda.

 

Apakah memiliki sebuah barang baru dan memberi kepada orang lain sukacitanya sama? Atau lebih banyak yang mana? Semoga natal ini Anda pun bisa menjadi seorang Secret Santa seperti Larry Steward. Anda tidak perlu melakukannya dengan jumlah yang besar. Larry memulai dari yang dimilikinya. Anda hanya butuh sebuah hati yang penuh kasih dan kemurahan hati, lalu berilah dengan sukacita. Dan terimalah kado terindah pada natal ini, "Sebuah sukacita memberi."

 

Dave Burchett adalah pemenang Emmy Award bidang television sports director, seorang penulis, dan pembicara Kristen. Dia adalah penulis When Bad Christians Happen to Good People and Bring'em Back Alive: A Healing Plan for those Wounded by the Church.

Sumber : Crosswalk/VM
Halaman :
1

Ikuti Kami