'Cermat' Makan di Restoran

'Cermat' Makan di Restoran

Lestari99 Official Writer
6138

Salah satu hal yang sering dilakukan saat menjalankan program penurunan berat badan adalah menjauhkan diri atau bahkan mungkin  berusaha menolak undangan dari orang lain untuk menikmati makanan di restoran.

Padahal jika Anda jeli memilih jenis makanan yang tepat, makan di restoran sesering apapun tak akan berpengaruh pada program diet Anda. Seperti apa caranya? Berikut kiatnya:

  • Pesan terlebih dahulu seporsi buah segar. Menyantap buah segar sebelum memilih menu utama, diketahui mampu menekan keinginan untuk makan dalam porsi besar.
  • Jauhi minuman beralkohol, minuman bersoda, teh manis atau kopi sebelum bersantap. Jenis-jenis minuman ini terbuktimenstimulasi rasa, sehingga bisa membuat Anda tidak bisa menahan diri untuk makan lebih banyak.
  • Hindari menu yang terbuat dari bagian daging berlemak dan makanan yang diolah denganmentega. Pilihlah makanan berbahan dasar sayur atau ikan laut yang diolah dengan cara dikukus atau direbus.
  • Jika Anda pergi ke restoran fast food, pilihlah sepotong pizza tipis bertopping daging ayam, ikan atau sayuran dengan ekstra sambal dan bawang putih. Atau plain hamburger, cheeseburger atau burgerayam panggang ditambah kentang goreng porsikecil.
  • Tanyakan pada pelayan restoran, manakah menu yang tidak mengandung banyak lemak dan hanya mengandung sedikit kalori. Biasanya restoran berkualitasmenyediakanmenu khusus untuk pelanggan yangsedang berdiet.
  • Mintalah pada pelayan agar menu utama disajikan dalam porsi kecil. Ingat, Anda masih harus menyisakan tempat di perut untuk hidangan pencuci mulut kan?
  • Jangan memesan hidangan pencuci mulut yang mengandung banyak lemak dan gula seperti kue cokelat, cheesecake atau tiramisu. Sayur atau buah segar adalah pilihan yang baik.
  • Jika memesan salad, minta agar dressing-nya dipisah. AgarAnda bisa memperkirakan berapa banyakdressing yang akan Anda konsumsi. Sebaiknya pilih salad berbahan sayuran dan buah segar tanpa topping seafood atau daging-dagingan. Agar aman dari kalori, pilih salad dressing berbahan dasar minyak zaitun (french dressing), dan jangan pilih thousand island atau blue cheese.
  • Jika Anda suka pasta, tak masalah memesan makanan ini. Asalkan pilihan sausnya adalah saus tomat segar dengan jamur tanpa daging, atau saus marinara yang berbahan dasar seafood. Sebab jika dibandingkandaging, lemak yang terkandung pada seafood sangat sedikit.
Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami