Zat Besi Untuk Rambut Rontok

Gizi & Nutrisi / 22 September 2008

Kalangan Sendiri

Zat Besi Untuk Rambut Rontok

Lestari99 Official Writer
8624

\"\"Tahukah Anda bahwa pertumbuhan rambut berhubungan erat dengan konsumsi gizi sehari-hari? Bagi perempuan yang sedang melakukan diet ekstra ketat dan memiliki sikus menstruasi yang tidak teratur, cenderung memiliki gangguan rambut rontok.

Pasalnya saat itu perempuan kehilangan banyak zat besi yang menyebabkan kerontokan rambut. Kondisi ini dapat diatasi dengan asupan zat besi yang memadai.

Perempuan Yang Berdiet

Wilma Bergfeld, M.D., seorang dermatolog dan direktur Dermatopalogi (ilmu tentang penyebab dan pengaruh dari penyakit kulit dan kelainannya) dan Riset Dermatologis Klinik Cleveland, AS, mengingatkan bahwa perempuan yang menurunkan berat badan sebesar 9 kg atau lebih dalam jangka 3 bulan, cenderung mengalami kerontokan rambut. Ia menyarankan sebaiknya perempuan tidak menurunkan berat badan lebih dari 0,45 kg per minggu.

18 mg Sehari

Menurut Alexander Zemtsoz, M.D., guru besar biokimia dan biologi molekuler Sekolah Kedokteran Universitas Indiana, Indianapolis, AS, kebutuhan zat besi manusia normal per hari sebesar 18 mg. Zat besi harus didukung oleh unsur lain seperti vitamin C yang mempercepat proses penyerapan zat besi ke dalam tubuh.

Sumber Zat Besi

Wilma Bergferd juga menyatakan bahwa produk sampo maupun conditioner tidak dapat membantu pertumbuhan rambut. "Produk tersebut tidak dapat mencapai lapisan kulit jangat, tempat akar rambut berada. Mereka tidak bisa menembus kulit kepala sedalam 0,5 cm atau lebih untuk mencapai folikel rambut," ujar Wilma. Untuk itulah ia menyarankan agar perempuan mendapatkan zat besi dari makanan. Zat besi terdapat pada kacang-kacangan, beras merah, caisim, bayam, daun singkong dan alpukat.

Sumber : conectique.com
Halaman :
1

Ikuti Kami