Peranan Suami Istri Dalam Pernikahan

Marriage / 22 May 2008

Kalangan Sendiri

Peranan Suami Istri Dalam Pernikahan

Fifi Official Writer
6310
Kami baru saja mengambil kursus dansa. Setelah beberapa tahun kami hanya membicarakan rencana itu, akhirnya kami membeli sepatu khusus dan membuang rasa malu kami. Walaupun ungkin kami belum siap tampil di depan umum, tapi kursus dansa itu sangat menyenangkan. Kursus ini memberi kami pengertian yang lebih mendalam tentang arti dari peran memimpin dan mendukung satu sama lain dalam pernikahan kami.

Tango adalah dansa yang paling lama kami pelajari. Pasangan-pasangan lain mampu melakukan peranan-peranan yang unik, sementara kami masih saling tersandung. Peran para pria yang memimpin dan para wanita yang mendukung, dengan sangat tepat dilakukan. Memang kadang tidak jelas apakah seseorang sedang memimpin atau sedang mendukung, tapi saat Anda melihat mereka berdansa bersama, hasilnya sangat indah...

Anda melihat 2 orang mengerahkan bakat, kekuatan, dan sensualitas mereka untuk menciptakan keintiman fisik dan emosional yang tidak bisa diciptakan oleh penari individual. Pria melangkah pertama kali dan memimpin dengan tujuan, sementara wanita mendukung tujuannya, mereka ingin menciptakan karya yang megah. Pria mencondongkan tubuhnya pada wanita, dan begitu juga sebaliknya. Secara teknis itu adalah kepemimpinan. Tapi secara praktis, langkah-langkah pria itu terlihat seperti membimbing, melengkapi, dan melindungi dengan unik.

Pedansa tango yang mahir, bisa diibaratkan seperti pernikahan tingkat lanjut, melangkah melintasi lantai tanpa adanya jejak sepatu berwarna putih yang tercetak di sana untuk diikuti. Mereka digerakkan oleh dorongan hati mereka, oleh batasan-batasan fisik dalam ruangan, di tengah-tengah pasangan yang lain dalam jalur mereka, dan dengan arahan dari tangan pria serta sikap reseptif dari wanita. Sama seperti dalam pernikahan, seseorang harus membimbing, atau mereka berdua akan saling terjatuh. Hanya masalah waktu sebelum semua orang di lantai dansa jatuh karena pergelangan kaki yang saling tersandung dan kata-kata kemarahan.

Dukungan dan sikap reseptif dari wanita tidak menurun. Wanita itu menghormati pria dengan kepercayaannya. Pimpinan pria itu tidak keras ataupun diktator, dia menghormati, dan dengan demikian, dia menghargai wanita itu. Pria itu tidak jatuh dalam dosa dominasi, wanita itu tidak ketakutan dan menjadi kaki tangan yang pasif terhadap keburukan itu. Jika dansa tango menggambarkan sikap dominan pria, pasti kita yang menyaksikannya akan patah hati: pria mendorong wanita ke lantai dengan pandangan marah, dan wanita itu membalas dendam dengan kata-kata kedengkian dan tatapan menghukum. Seorang ciptaan yang memiliki begitu banyak potensi keindahan akan menjadi contoh pelanggaran, perang antar gender, dan kekerasan serta kekecewaan seksual.

Kadang saya berdiri di tepi lantai dan menjajarkan harmonisasi yang ditunjukkan oleh instruktur kami dengan betapa kurangnya pengertian kita, para pria Kristen, tentang kepemimpinan dalam pernikahan. Saya mendengar pemikiran yang gila dari banyak pria Kristen tentang peran mereka sebagai pemimpin dalam rumah mereka. Gantikan kata pemimpin dengan diktator yang ditakuti, dan Anda akan bisa membayangkan kisah nyatanya. Salah seorang dari mereka, sebut saja Bill, mempunyai jawaban "alkitabiah" untuk setiap masalah dalam pernikahannya, yang selalu berhubungan dengan ketidakmampuan istrinya untuk bersikap "tunduk". Bayangkan bagaimana jawaban "alkitabiah"nya itu bisa menciptakan perceraian yang paling berantakan...

Masih membayangkan dan berpikir, saya melihat seluruh lantai dansa dan pasangan-pasangan yang masih berlatih. Dalam pernikahan, saya membayangkan, bisakah mereka memperlakukan satu sama lain dengan baik di lantai kehidupan yang lebar dan licin ini dengan kelemahan manusiawi mereka? Tapi Bill bukanlah tipe pedansa. Pria-pria yang mendominasi tidak membawa istri-istri mereka ke tempat-tempat dimana kejutan-kejutan yang memberkati mungkin saja terjadi.

Pria-pria yang mendominasi hanya menyampaikan informasi yang menguntungkan mereka, atau hanya tentang diri mereka sendiri, bukan penerima dari pengertian yang lebih mendalam. Sementara pasangan yang sesungguhnya berusaha bekerja sama untuk menciptakan sesuatu yang menakjubkan, mereka hanya akan berfokus pada apakah istri-istri mereka tunduk kepada mereka atau tidak.

Saat seorang suami Kristen memimpin dengan baik dan seorang istri Kristen secara aktif dan kreatif mendukung pimpinan suaminya, Anda tidak akan dengan cepat tahu siapa melakukan apa karena peranan masing-masing bukanlah hal pertama yang melekat dalam benak Anda. Yang menarik perhatian Anda adalah suatu kehidupan yang mengalir dan memuliakan Tuhan, yang mereka kerjakan bersama. Kehidupan mereka akan mempunyai kuasa, anggun, dan menunjukkan keintiman dari harmonisasi gender yang unik. Itu membuat orang-orang lain ingin mengetahui rahasia pernikahan Anda karena berkat-berkat yang mereka lihat sangat jelas.

Sumber : crosswalk
Halaman :
1

Ikuti Kami