Di Antara 2 Pilihan Yang Baik

Single / 5 April 2008

Kalangan Sendiri

Di Antara 2 Pilihan Yang Baik

Fifi Official Writer
7144
Beberapa waktu lalu saya sempat berdiskusi dengan beberapa wanita muda yang berusia 20an, semuanya masing lajang. Dan inilah pertanyaan yang muncul selama diskusi itu:

"Bagaimana kita bisa membuat keputusan saat 2 jalan di depan sama-sama terlihat bagus?" Kami sedang membicarakan tentang mempunyai roh yang taat (dan pilihan-pilihan itu tidak bertentangan dengan firman Tuhan), dan saya bertanya kepada mereka apakah Tuhan menyatakan apa yang Dia ingin mereka lakukan, dan apakah mereka taat dengan apapun yang Tuhan minta itu. Beberapa dari antara mereka sedang menghadapi pilihan-pilihan masa depan dan tidak yakin dalam membuat keputusan-keputusan itu, terutama karena kedua jalan di depan mereka kelihatannya sama-sama baik. Saya pikir mereka hanya tidak mau membuat keputusan yang salah.

Ini adalah sebuah pertanyaan yang penting. Jawaban yang sebenarnya adalah saat anda berjalan bersama Tuhan, saat hati anda terbuka dan dengan tulus ingin taat, tidak ada keputusan yang "salah". Kadangkala kita terbentur pada keinginan untuk melakukan dengan sempurna kehendakNya untuk kita dan menjadi pusat dari kehendakNya itu. Sementara saya mengerti bahwa maksud di balik semua itu baik, tapi alasan itu tidak menggambarkan perspektif biblikal. Kenyataannya, anda tidak pernah tahu dengan pasti akan menjadi seperti apakah keputusan anda nantinya. Kadang (atau mungkin seringkali) kita memilih untuk pergi ke satu arah hanya untuk menemukan pada akhirnya bahwa hal itu tidak berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Dan kadang juga pada akhirnya kita menemukan bahwa ternyata Tuhan menggunakan saat sulit itu untuk membuat perjalanan kita denganNya menjadi semakin mendalam dan tujuan semua itu hanya untuk membawa kita ke tempat dimana Dia ingin kita berada.

Satu-satunya hal yang Tuhan inginkan dari kita adalah hati yang terbuka untuk mau melakukan kehendakNya. Dan jika hati kita terbuka, saat dihadapkan dengan 2 piliha yang bagus, dan setelah kita berdoa, merenung, membaca firmanNya, mempertimbangkan situasinya, pro dan kontranya, mencari pendapat dari teman-teman atau pembina seiman... saat semua itu sudah dilakukan dan kedua pilihan itu tetap terlihat bagus bagi anda, maka ambillah nafas dalam-dalam, lalu pilihlah salah satu yang lebih anda utamakan. Lagipula, di atas semuanya, Tuhan dapat memimpin kita dengan sempurna jika kita mau dan taat untuk dipimpin.

Kadang kita membuang banyak energi untuk mencari sesuatu yang tidak pernah Tuhan janjikan. Kita ingin sebuah jaminan, kita ingin tahu dengan pasti bahwa semuanya akan berjalan lancar. Kita ingin semua ketidakpastian dibuang. Saya ingat setelah membagikan tentang hal ini di sebuah gereja beberapa tahun lalu, seorang pria datang kepada saya dan mengatakan, "Jadi intinya kita tetap harus memilih kan?" Tepat sekali! Kita tetap harus memilih, antara pergi ke sana atau ke sini, barang yang itu atau yang ini, membeli yang baru atau memperbaiki yang lama. Anda memilih pergi berobat ke satu dokter ini dan bukan dokter-dokter yang lain. Dan begitulah cara anda melalui semua keputusan dalam hidup.

Mengetahui kehendak Tuhan tidak akan pernah bisa membuang ketidakpastian, dan itu memang tidak seharusnya. Ketidakpastian itu baik untuk kita karena akan membuat kita terus percaya dan terus berdoa, bergantung kepadaNya, menjaga kita agar kita tidak menjadi terlalu percaya dan mengandalkan pada diri sendiri.

Ketika hati anda benar dan anda dihadapkan pada 2 pilihan bagus, pilihlah salah satu yang anda lebih sukai, dan percayalah pada Tuhan untuk hasilnya. Jika hati anda mau untuk taat, maka Tuhan akan memimpin langkah-langkah anda menuju ke arah yang Dia inginkan untuk anda.

Akhir kata, itu semua kembali ke pandangan anda tentang Tuhan.
Apakah Dia Maha kuasa?
Apakah Dia baik?
Bisakah saya percaya kepadaNya?

Ini bukan tentang keputusan anda, juga bukan tentang masa depan anda, bahkan ini bukan tentang anda. Ini semua adalah tentang Tuhan. Saat kita memulai dari sudut pandang itu, kita bisa membuat keputusan-keputusan bahkan di waktu-waktu ada keraguan dan ketidakpastian, dan kita bisa tidur nyenyak dengan mengetahui bahwa Tuhan akan menggabungkan kepingan-kepingan keputusan itu dengan cara yang tepat.

Sumber : crosswalk
Halaman :
1

Ikuti Kami