Jenuh Kerja Kantoran?

Career / 17 March 2008

Kalangan Sendiri

Jenuh Kerja Kantoran?

Lestari99 Official Writer
4781

Bangun pagi, cepat-cepat berangkat kantor, sibuk setengah mati sampai sore menjelang malam, pulang, tidur, bangun pagi dan begitu seterusnya selama satu minggu penuh. Betapa melelahkan dan membosankan! Karena itu ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meredakan stress orang kantoran tersebut. Mau tahu?

1. Stress bukan hanya dipicu oleh kesibukan yang padat. Stress bisa juga dipicu oleh peredaran darah yang tidak lancar. Karena itu supaya tidak stress berkepanjangan, usahakan untuk membuat darah mengalir dengan baik. Olahraga sudah tentu menjadi kuncinya, minimal 30 menit setiap harinya. Mampir ke gym sepulang kerja, jalan kaki cukup jauh menuju kantor, naik turun tangga kantor atau olahraga ringan di tempat duduk adalah pilihan yang bisa dilakukan.

2. Beri waktu menarik nafas untuk diri sendiri adalah salah satu cara meredakan stress. Sempatkan untuk mendapat pijak releksi di selang makan siang atau istirahat 10 menit untuk ‘bengong' atau main game, adalah beberapa pilihan yang bisa dilakukan.

3. Tambahkan sesuatu yang baru dan menyegarkan ditempat kerja Anda. Misalnya menaruh lilin aromaterapi, menaruh bunga hidup yang berbeda setiap tiga hari di atas meja, membawa akuarium ikan hias yang kecil atau menaruh foto-foto kenangan yang berkesan dengan orang-orang yang Anda kasihi. Benda-benda tersebut bisa membuat saraf Anda sedikit relaks.

4. Jika ada waktu, menontonlah di sela makan siang. Film-film, acara musik, video klip atau apapun yang bisa dinikmati secara visual sangatlah baik untuk meredakan stress Anda. Asal jangan mengkonsumsi tontonan kekerasan atau berbau pornografi. Bukannya reda stress, masalah Anda bisa tambah banyak! Hati-hati memilah tontonan di tempat kerja.

5. Jangan pernah takut untuk tertawa sepuasnya. Kalau tempat kerja Anda serius, Anda bisa cari cerita humor via internet. Anda juga bisa bergaul dengan orang-orang yang banyak bercanda di kantor.untuk memancing Anda tertawa. Kadang terlalu banyak kegiatan di kantor yang serius, membuat kita lupa tertawa dan tersenyum berjam-jam lamanya. Padahal senyum dan tawa adalah kunci pelepas stress yang sangat baik.

6. Tahukah Anda bahwa bumi ciptaan Tuhan dan segala isinya ini begitu indah, unik dan menarik? Ada orang-orang tertentu yang bisa kehilangan stress jika mereka mengambil waktu keluar ruangan di tengah pekerjaan sebentar saja. Mereka kemudian melihat langit, memandang orang-orang yang lalu lalang dengan segala kegiatannya, dll. Jika sudah agak segar, mereka sudah siap untuk melanjutkan rutinitas.

7. Cari teman curhat yang oke di kantor (usahakan jangan lawan jenis karena sangat beresiko). Pastikan teman ini jangan orang yang selalu berpikiran negatif sehingga bisa membawa pengaruh yang tepat untuk Anda. Curhat memang sarana yang oke untuk membuang stress.

8. Ganti menu makan dan cemilan Anda. Mungkin salah satu sebab terselubung Anda stress karena makanan yang Anda makan. Coba mulai besok bungkus makanan buatan pasangan dari rumah untuk makan siang. Agak lebih repot tapi bisa dinikmati dengan cara yang berbeda dan menghibur. Anda juga bisa membawa buah-buah segar untuk dinikmati sebagai cemilan. Penuh gizi, nikmat dan membantu hilangkan stress.

Bagaimana? Jangan sampai kejenuhan Anda berlarut-larut hingga mengakibatkan stress berkepanjangan dan akan membahayakan karir Anda tentunya.

Sumber : msn
Halaman :
1

Ikuti Kami