Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Fifi

Official Writer
4130


Hari valentine tinggal sebentar lagi, dan romantisme sudah terbayang di benak kita. Kita cenderung berpikir bahwa kita tahu apa artinya mengekspresikan "cinta" - bunga, permen, kartu, coklat, perhiasan, dan makan malam romantis, benar? Hal-hal itu memang biasa dilakukan banyak pasangan di hari valentine untuk menunjukkan cinta pada pasangan mereka, jadi itu pasti satu formula yang pasti berhasil. Namun bagaimana jika standar-standar tersebut tidak menerjemahkan cinta anda kepada hati pasangan anda? Bagaimana jika usaha anda untuk menunjukkan cinta ternyata tidak berarti apa-apa bagi dia?

Suatu hari, saya bertanya pada suami saya, Ron, untuk membuat daftar dari hal-hal yang dia harapkan akan saya lakukan untuknya, hal-hal yang membuat dia merasa dicintai. Itu adalah pencerahan yang luar biasa. Saya juga membuat daftar yang serupa, dan ketika kami mulai melakukan hal-hal dalam daftar masing-masing untuk satu sama lain, pernikahan kami berubah dari kehidupan yang membuat frustasi ke kehidupan yang saling melengkapi. Inilah alasan mengapa saya meminta dia untuk membuat daftar itu:

Suatu sore, Ron sedang menonton pertandingan sepak bola di TV, tapi saya sedang ingin melakukan sesuatu di luar ruangan. Jadi saya menghabiskan 2 jam mencuci dan membersihkan mobil sedan barunya. Mobil itu terlihat bagus dan saya bangga pada diri saya sendiri, saya berpikir bahwa saya adalah istri terbaik di dunia! Saat pertandingan bola di TV sudah selesai, dengan bersemangat saya mengajaknya keluar, "Aku punya kejutan untukmu!" Selagi kami berjalan keluar, saya berkata, "Aku mencuci dan membersihkannya! Bagus bukan?" Wajahnya membeku, "Mengapa kamu melakukannya? Lapisan jendelanya tergores... Lagipula aku suka pergi ke tempat pencucian mobil." Saya tersinggung, "Aku melakukan sesuatu untukmu dan kamu tidak menghargainya sama sekali. Mantan pacarku, Mike, selalu merasa senang saat aku mencuci mobilnya!"
"Ya, tapi aku bukan Mike. Aku tidak mau kamu mencuci mobilku. Jika kamu mau melakukan sesuatu untuk membuatku senang, tolong cucilah baju-baju kotor. Tumpukan baju-baju kotor itu terlalu banyak..."
"Apakah itu akan membuatmu senang?"
"Aku akan senang sekali! Tumpukan itu membuatku gila..."
Saya terkejut, "Aku tidak tahu kalau tumpukan baju itu mengganggumu. Tumpukan baju kotor tidak pernah membuatku terganggu..."

Ituah saat dimana saya meminta dia menuliskan beberapa hal yang bisa saya lakukan untuk membuatnya senang. Selama bertahun-tahun, kami terus melakukannya dan menyebutnya "daftar cinta". Saat kami berbicara pada grup yang terdiri dari pasangan-pasangan, kami memberi mereka kertas dan menyuruh mereka menuliskan 3 hal yang mereka inginkan pasangan mereka lakukan untuk mereka. Anda akan terkejut melihat hal-hal dalam daftar mereka, atau mungkin tidak... Daftar dari para pria kebanyakan termasuk "lebih banyak seks", namun kami jarang menemukan permintaan itu dalam daftar para wanita. Daftar para wanita biasanya termasuk "bicaralah padaku lebih sering", tapi saya tidak pernah menemukan permintaan itu dalam daftar seorang pria.

Permintaan-permintaan itu akan menjadi lebih tepat jika berupa hal-hal yang spesifik dan memang memungkinkan untuk dilakukan. Contohnya, "menjadi lebih romantis" itu terlalu luas, karena itu bisa diartikan berbeda oleh orang-orang yang berbeda. "Berikan aku bunga sekali sebulan" atau "ciumlah aku setiap hari sebelum kamu berangkat kerja" adalah permintaan yang spesifik. Selain itu, permintaan anda juga harus memungkinkan untuk dilakukan. Jangan meminta istri anda untuk "menjadi seperti model" atau "menjaga rumah tetap bersih sepanjang waktu". Tapi anda bisa menulis "Pakailah gaun untuk malam kencan kita" atau "rapikanlah tempat tidur di pagi hari". Jika permintaan anda beralasan dan realistis, pasangan anda akan lebih termotivasi untuk menghargai dan melakukannya.

Salah satu dari daftar saya adalah "tunggu aku sementara aku belum keluar dari mobil". Dalam tahun-tahun awal pernikahan kami, saat kami telah tiba di satu tempat tujuan, dia akan keluar dan masuk ke ruangan lebih dulu sebelum saya punya waktu untuk membereskan tas saya, menemukan kunci saya, memeriksa lipstik saya, dan mengunci mobil. Saya menjelaskan, "Aku merasa diabaikan saat kamu meninggalkanku. Aku ingin kita masuk bersama-sama." Sekali dia mengetahui bahwa hal itu penting bagi saya, dia menjadi lebih baik dalam menunggu saya. Keinginan dan usahanya untuk menyenangkan saya membuat saya semakin ingin menyenangkan dia juga.

Pelajari pasangan anda seolah-olah dia adalah sebuah buku dan anda sedang belajar untuk menghadapi ujian akhir

Jika kita mau berusaha untuk mempelajari preferensi dan prioritas pasangan kita, mereka akan merasa dimengerti dan dihargai. Jika kita mendidik diri kita sendiri tentang perbedaan-perbedaan yang ada antara diri kita dan pasangan, dan berusaha untuk semakin mendorong kekuatan (kelebihan) masing-masing, kita akan membangun pagar pelindung yang kuat dalam pernikahan kita.

Hal-hal untuk dipikirkan

1. Apa saja perbedaan terbesar antara saya dan pasangan saya?
2. Apakah saya sudah mempelajari pasangan saya untuk lebih mengerti (ataukah untuk mengubah) dia?
3. Apa saja hal-hal yang saya ingin pasangan mengerti tentang saya?

Hal-hal untuk dilakukan

1. Buatlah daftar anda yang memuat tulisan "Aku merasa dicintai saat kamu .......". Tuliskanlah minimal 3 hal. Contohnya: bercinta 2 kali seminggu, berdoa bersama setiap pagi, memuji penampilan saya, menyetir mobil lebih pelan, lebih sering menggandeng tangan, ke gereja bersama-sama, memastikan ada handuk bersih di kamar mandi, membantu memandikan anak-anak, membelikan saya hadiah kejutan kecil sekali sebulan, dan lainnya. Ingat, dalam hal ini tidak ada jawaban benar atau salah. Jika sesuatu hal memang penting bagi anda, maka hal itu memang penting.
2. Mintalah pasangan anda membuat daftarnya. Lalu lakukanlah hal di urutan pertama daftarnya tanpa mengomel, mengeluh, atau mengatakan betapa bodohnya hal itu - walaupun memang itu adalah hal yang "bodoh" atau sepele.
3. Bawalah daftar pasangan anda dan selama beberapa hari ke depan, lakukanlah sebanyak mungkin yang anda bisa.
4. Pujilah dan berterimakasihlah pada pasangan anda ketika dia melakukan sesuatu yang anda tulis dalam daftar anda, meskipun mereka tidak melakukannya dengan sempurna.
5. Perbaharui daftar anda jika ada kebutuhan-kebutuhan yang baru. Lakukanlah ini terus menerus...

Sumber : cbn

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pininta Uli Sitompul 21 October 2019 - 15:14:02

bagaimana cara berpuasa yang benar dalam agama kri.. more..

0 Answer

Akilhazim1234 21 October 2019 - 12:07:55

Assalamualaikum saya ingin bertanya sahaja..bolehk.. more..

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7270

Banner Mitra Oktober Week 3