Gizi Dalam McDonald's

Serba-Serbi Sehat / 1 February 2008

Kalangan Sendiri

Gizi Dalam McDonald's

Lestari99 Official Writer
10100

Raksasa resto cepat saji, McDonald's, akan mulai untuk meletakkan informasi nilai gizi dalam setiap kemasan makanan yang ia jual, dari burger hingga kentang gorengnya.

McDonald's mengatakan bahwa informasi tersebut akan lengkap, dari jumlah lemak, garam, kalori, karbohidrat dan bnilai gizi lainnya.

Resto ini melakukannya karena kritik-kritik dan tuduhan yang selama ini diterima oleh mereka, sehubungan dengan meningkatnya level obesitas dan masalah kesehatan lain pada para pelanggan resto cepat saji.

Kini, sebelum nantinya ditelakkan di setiap kemasan, informasi nilai gizi tersebut sudah bisa diakses di selebaran yang ada di setiap outlet dan di website perusahaan tersebut. Big Mac misalnya, tercantum mengandung 30 g lemak.

McDonald's berusaha menerapkan sistem baru ini dengan sama rata di 20-30 ribu outlet-nya yang tersebar di seluruh dunia, tanpa pilah-pilih, dan berharap di akhir tahun 2006 semua sudah bisa terlaksana. Kemasan pertama akan diperkenalkan di Italia pada bulan Februari 2006, bersamaan dengan berlangsungnya olimpiade musim dingin di negara itu.

Pemimpin eksekutif McDonald's, Jim Skinner, mengatakan bahwa pihaknya harus melakukannya supaya informasi dari penjual ke pelanggan bisa terjadi dengan baik dan langsung. "Ini adalah cara termudah untuk mengkomunikasikannya", ujar Jim Skinner. "Kami memberi apa yang selama ini diminta orang dan mereka sendiri akan bertanggung jawab akan apa yang terjadi pada mereka", tambahnya.

Selain memberi informasi nilai gizi, McDonald's juga telah memperkenalkan produk-produk baru mereka seperti salad dan buah-buahan sehat dalam menu mereka, selain menu tradisional seperti burger, kentang dan milkshake. McDonald's tampaknya mulai lelah berdiri sebagai tersangka utama pembuat masyarakat bertambah berat badan karena produknya yang dinilai tak sehat.

Sumber : bbc
Halaman :
1

Ikuti Kami