Mitos Belanja Kado Natal

Internasional / 21 December 2007

Kalangan Sendiri

Mitos Belanja Kado Natal

yosefel Official Writer
4979
Belanja Natal bisa jadi acara mahal dan bahkan membuat kewalahan, namun sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi.

Survei terbaru yang dilakukan Visa menemukan bahwa rata-rata orang di Amerika menghabiskan sekitar 1.200 dollar (Rp 10.800.000) untuk hadiah Natal dan biaya liburan. Juga terjadi kondisi terbalik dimana pria ternyata menghabiskan uang 100 dollar (Rp 900.000) lebih banyak dari wanita.

Amat mudah untuk melebihi anggaran serta pengeluaran di waktu-waktu perayaan Natal seperti ini. Namun berdasarkan ahli konsumen Jonni McCoy, ada beberapa tindakan yang bisa kita lakukan untuk memastikan kita tidak “merusak” rekening uang di bank kita. Dia juga menyatakan sejumlah mitos yang diyakini orang dalam membelanjakan uangnya untuk hadiah Natal.

Mitos 1 : Anda Tidak Perlu Suatu Rencana

Jika anda ingin memperketat batasan pemakaian rupiah pada liburan Natal ini serta mengetahui apa yang anda ingin beli, mungkin ini akan menjaga anda membuat kesalahan secara keuangan.

McCoy mengatakan anda seharusnya mulai membuat daftar rencana setiap orang yang akan anda beri hadiah dan bagaimana anda ingin membelanjakan uangnya. McCoy mengatakan : “Tetapkan batasan berapa banyak uang yang akan anda belanjakan untuk setiap orang dan buatlah total keseluruhan uang untuk memastikan segala sesuatu yang dapat anda beli”

Mitos 2 : Anda Dapat Menemukan Hadiah Paling Sempurna Untuk Setiap Orang Yang Ada Dalam Daftar

Anda sepertinya harus menurunkan perkiraan itu. Mc Coy mengatakan : “Satu mitos favorit saya adalah berada di mall hari ini, dan ini adalah tempat dimana orang berharap untuk menemukan hadiah paling sempurna untuk setiap orang yang ada dalam daftar dengan harga hadiah yang bisa ditawar”.

Hal ini tampaknya tidak realistis. Anda sepertinya perlu mengadakan kompromi.

Mitos 3 : Menggunakan Kartu Kredit Adalah Berbahaya

Menggunakan kartu kredit bisa jadi cara paling pandai untuk membayar selama liburan ini.

McCoy mengatakan : “Jika anda amat baik dalam membatasi diri anda pada anggaran anda dan apa yang dapat anda beli, maka kartu kredit adalah cara aman untuk anda. Kartu kredit adalah cara yang lebih aman untuk membeli sesuatu daripada menggunakan uang kontan atau anda harus mengecek rekening karena anda memiliki perlindungan bank dibelakang pemakaian yang anda lakukan. Kartu kredit juga memberi perlindungan dari kecurangan.”

Mitos 4 : Mahal Tidak Berarti Selalu Lebih Baik

Sebagai contoh, orang Amerika diramalkan menghabiskan lebih dari setengah milyar dollar sepanjang musim ini. Sementara satu studi menunjukkan tidak adanya perbedaan daya tahan hidup diantara berbagai merek batere. Sejumlah batere berharga lebih murah dibanding batere yang punya merek terkenal, dan juga lebih tahan lama. Jadi ketika saatnya untuk membeli hadiah dengan mereka terkenal, anda tidak perlu harus bercabang hati untuk membayar uang lebih banyak demi sekedar merek produk.
Halaman :
1

Ikuti Kami