Puji Astuti

Official Writer
5286


Hari Natal, tanpa mengirimkan sebuah ucapan selamat kepada orang-orang terkasih rasanya belum lengkap. Memberikan ucapan selamat Natal, terutama dengan sebuah kartu, ternyata merupakan tradisi yang sudah berlangsung sejak lama.

Kartu Natal komersial yang pertama dicetak di London atas perintah Sir Henry Cole di tahun 1843. Kartu dilukis John Callcott Horsley, menggambarkan sebuah keluarga termasuk seorang anak kecil yang terlihat sedang minum anggur. Ide mencetak kartu Natal terbukti cemerlang, sekitar 1.000 lembar kartu laku dijual dengan harga 1 shilling per lembar.

Pada akhirnya kartu Natal berkembang menjadi berbagai macam ukuran dan bahan kertas. Berbagai macam gambar juga menjadi populer, seperti gambar binatang atau anak kecil yang lucu-lucu.

Louis Prang adalah seorang penerbit yang pertama kali mencetak kartu Natal komersial di Amerika Serikat. Kartu Natal yang diproduksinya begitu populer sampai muncul kartu tiruan berharga murah yang akhirnya menyebabkan Louis Prang bangkrut. Kepopuleran kartu pos sempat mengungguli ucapan selamat dalam bentuk kartu. Kepopuleran kartu Natal baru kembali di tahun 1920-an, dan kali ini dijual berikut amplopnya.

Tradisi mencetak kartu Natal kenegaraan dimulai Ratu Victoria di tahun 1840-an. Kartu Natal Gedung Putih pertama kali dicetak tahun 1953 semasa pemerintahan Presiden Dwight Eisenhower.

Saat ini, ditengah pesatnya kemajuan technologi, ternyata tidak mengurangi kecenderungan orang untuk mengirimkan ucapan selamat natal secara pribadi. Namun pilihan untuk mengirimkan ucapan selamat Natal ini, sudah banyak tidak hanya berupa kartu natal fisik yang terbuat dari kertas. Salah satunya yaitu melalui kartu elektronik, yang lebih populer disebut e-card.

Selain cepat sampai kepada penerima karena menggunakan media internet, e-card kebanyakan juga cenderung lebih menarik. Pilihan e-card pun begitu banyak macamnya sehingga anda bebas memilih yang kira-kira sesuai dengan karakter si penerima.

Untuk itu, menyambut natal kali ini, Jawaban.com memberikan sebuah fasilitas yang dapat diakses secara gratis untuk mengirimkan e-card kepada orang-orang yang Anda kasihi. E-card dengan berbagai tampilan yang menarik ini merupakan karya dari para peserta Christmast J-Card Competition. Nantikan pengumuman 20 nominasi pemenang pada tanggal 15 Desember nanti. Dan pada tanggal 18 Desember nanti, akan diumumkan para pemenang sekaligus louncing penggunaan e-card.

Jadi pastikan Anda menggunakan e-card dari jawaban.com untuk mengirimkan ucapan selamat Natal dan tahun baru kepada orang-orang yang Anda kasihi. Ingat! Mulai tanggal 18 Desember 2007 ini ya.

Sumber : Berbagai sumber/VM


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

sastrapin 8 September 2020 - 04:21:18

menyembah

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Valentino Rumaseb 18 September 2020 - 21:07:46
Shalom, Salam sejahtera, salam kenal, saya Valent ... more..

Dosma Panjaitan 17 September 2020 - 16:23:12
Shalom bapak/ibu. Saya minta dukungan doa dari bap... more..

Rico Andhika 1 September 2020 - 22:45:30
Saya mohon bantuan doanya untuk diberikan jawaban ... more..

Edward Budi Setiawan 1 September 2020 - 12:24:55
Supaya Yesus, memberkati, mengurapi & menyertai se... more..

advertise with us


7183

advertise with us