Teknologi IPTV: Berlangganan Televisi via Internet

Entertainment / 4 October 2007

Kalangan Sendiri

Teknologi IPTV: Berlangganan Televisi via Internet

Tammy Official Writer
7614

IPTV atau Internet Protocol TV adalah sistem dimana televisi digital layanan digital televisi dikirimkan menggunakan Internet Protocol melalui jaringan infrastruktur diantaranya termasuk koneksi yang berkecepatan tinggi. Syarat untuk menggunakan layanan IPTV adalah internet yang berkecepatan tinggi yang menggunakan bandwidth (pita lebar) pada digital video. Jasa layanan ini menjalankan juga layanan dengan fasilitas video on demand. Sebagai tambahan terhadap layanan ini, termasuk pengadaan layanan internet seperti akses ke web dan Voice Over Internet Protocol (VoIP).

Dengan berbasis platform IP address, memiliki keuntungan sehingga membuat tampilan TV menjadi lebih interaktif. Contohnya, program interaktif memudahkan kepada pengguna untuk mencari tayangan melalui title atau nama pemeran film. Pengguna juga dapat memperhatikan status pemain film ketika sedang menonton acara permainan olah raga. Dan juga dapat mengakses foto atau musik dari komputernya melalui televisi. Bahkan dapat menyesuaikan tombol parental sehingga para anak-anak hanya dapat menonton film dokumentari tentang sekolah ketika para orang tua sedang tidak berada di rumah.

IPTVJadi dengan IPTV, pilihan untuk konsumsi acara televisi benar-benar ada tangan para konsumen. Apalagi bisa juga untuk merekam acara pilihan anda dan menonton di waktu yang anda inginkan.

Di Indonesia sendiri baru 24 kota besar yang bisa menikmati layanan IPTV. Telkom sendiri untuk membangun infrastrukturnya kemungkinan satu atau dua tahun ke depan akan lengkap terealisasi.

Akan tiba saatnya ketika infrastruktur bandwith di Indonesia menggunakan fasilitas terbaik yang juga dimiliki oleh Negara-negara besar lainnya sehingga para pengguna IPTV di Indonesia bisa menggunakan layanan IPTV sepuasnya. Tak dipungkiri jika kemungkinan layanan televisi mainstream seperti sekarang akan tergeser dikarenakan internet television ini. Karena pilihan konten ada di tangan para pelanggan. Kita tunggu saja layanan IPTV ini...!

 

 

 

Halaman :
1

Ikuti Kami