Diet Rendah Karbohidrat Rentan Kanker

Diet Rendah Karbohidrat Rentan Kanker

Fifi Official Writer
10991
Bagi para pelaku diet, diet rendah karbohidrat termasuk yang populer. Pasalnya dalam 6 bulan pertama berat badan akan turun dengan drastis. Namun diet yang menganjurkan penganutnya untuk tidak mengkonsumsi nasi, kentang, roti, atau sumber karbohidrat lainnya ini ternyata meningkatkan resiko kanker pencernaan.

 

Tim peneliti dari lembaga riset The Rowett mengungkapkan, makanan yang rendah karbohidrat akan mengurangi jumlah bakteri penyerang kanker yang ada di usus. Karena tidak mengkonsumsi karbohidrat, para pelaku diet yang disebut juga dengan diet Atkins, mendapatkan energi dari makanan yang tinggi protein dan lemak.

 

Padahal jika diet ini dilakukan dalam jangka panjang, resiko terjangkit berbagai penyakit juga besar. Antara lain penyumbatan pembuluh darah karena lemak yang berlebihan. Makanan tinggi lemak seperti daging juga meningkatkan resiko penyakit kanker. Selain itu kelebihan protein juga akan membebani ginjal.

 

Sekali lagi perlu diingatkan pentingnya melakukan diet rendah kalori dengan gizi seimbang. Ini berarti, anda tetap mengkonsumsi makanan lengkap yang mengandung sumber karbohidrat, protein, dan lemak sehingga tidak terjadi gangguan metabolisme. Yang dibatasi hanyalah jumlah kalori yang masuk, atau dengan kata lain membatasi porsi. Ditambah lagi dengan olahraga secara teratur. 

Halaman :
1

Ikuti Kami