Apakah Tuhan menjadi yang No. 1 di Hidupmu?
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 29 June 2023

Kalangan Sendiri

Apakah Tuhan menjadi yang No. 1 di Hidupmu?

Yenny Kartika Official Writer
19372

Apakah Tuhan benar-benar yang terutama di dalam hidup Anda? Banyak orang Kristen menyatakan bahwa mereka menempatkan Tuhan di nomor satu, keluarga di nomor kedua, dan yang lain di nomor ketiga, keempat, dan seterusnya.

Untuk mengetahui apakah Tuhan berada di tempat pertama dalam hidup Anda, kita perlu bercermin dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini.

 

Apakah Tuhan menjadi yang No. 1 dalam hubungan Anda?

Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap di dalam maut. (1 Yohanes 3:14)

Mampukah kasih Anda kepada Tuhan menopang pernikahan yang sulit atau anak yang bandel? Mampukah Anda tetap memberikan kasih tak bersyarat kepada orang yang paling tidak tahu berterimakasih yang ada di sekitar Anda? Kasih Anda kepada Tuhan akan memampukan Anda untuk mengasihi mereka secara rohani, lebih daripada kasih yang alamiah (yang umumnya mengharapkan balasan/pamrih). Dengan kuasa Roh Kudus, kita bisa mengungkapkan keperkasaan Allah dalam hidup ketika kita menerapkan kasih agape kepada sesama, apapun respon dan kekurangan yang mereka miliki.

 

Baca Juga: 7 Berhala Modern Zaman Ini

 

Apakah Tuhan menjadi yang No. 1 di pekerjaan atau pendidikan Anda?

Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. (Kolose 3:23)

Entah kita sedang berada di rumah, kantor, pabrik, atau sekolah—Tuhan ingin agar kita melayani Dia dengan giat. Bahkan ketika orang lain berbuat curang atau menipu, anak-anak Tuhan seharusnya memiliki kesaksian yang baik karena bekerja bagi Tuhan, bukan bagi manusia. Mungkin kita tidak memperoleh bonus atau pujian atas kerja keras kita bagi manusia, namun Tuhan melihat segala sesuatu dan membalas siapapun yang setia kepada-Nya. Tuhan menjadi yang nomor satu di hidup Anda ketika Anda menyatakan kesungguhan dalam bekerja dan memberikan hasil yang baik.

 

Apakah Tuhan menjadi yang No. 1 di gereja Anda?

Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya. (1 Korintus 12:27)

Begaimana mungkin Roh Kudus tidak berduka saat melihat banyak orang Kristen yang memberikan begitu sedikit energinya dalam pembangunan Kerajaan Allah? Inilah waktunya bagi kita untuk bangkit dari kemalasan dan aktif dalam kegiatan gereja, entah itu mengajar, menyambut, melayani, atau berkhotbah. Ada banyak kebutuhan di tubuh Kristus, dan setiap orang percaya telah dilengkapi dengan karunia rohani yang khusus untuk bisa berperan serta. Tuhan menjadi yang nomor satu dalam hidup Anda ketika Anda dengan rendah hati membangun tubuh Kristus di pelayanan lokal.

 

Apakah Tuhan menjadi yang No. 1 saat Anda dalam pemberian waktu dan uang?

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. (Matius 6:33)

Apakah dalam rencana keuangan dan jadwal Anda tercermin sebuah semangat untuk memberi dan bersikap murah hati? Terkadang, pikiran yang dipenuhi kesibukan membuat kita lalai akan hal ini.

Jika kita mencari Allah terlebih dahulu dalam hal keuangan dan jadwal harian, kita akan lebih merasa puas dan berkecukupan daripada kalau kita berusaha bersaing dengan orang di sekeliling kita. Tuhan menjadi yang nomor satu di hidup Anda ketika Anda mendahulukan tujuan dan rancangan-Nya daripada keinginan Anda.

 

Baca Juga: Kebaikan-Nya Akan Selalu Mengikuti

 

Apakah Tuhan menjadi yang No. 1 dalam rekreasi dan hiburan Anda?

Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. (Efesus 5:15-16)

Banyak orang beriman ingin mencari sesuatu yang beda dari rutinitas hariannya. Kita membutuhkan relaksasi dan hiburan untuk menenangkan pikiran kita. Memang tidak ada yang salah dengan menikmati hidup yang Tuhan telah berikan kepada kita, namun kita harus bijaksana dalam memilih. Kita harus menahan dorongan untuk hidup ‘senang-senang’. Tuhan menjadi yang nomor satu dalam kesenangan hidup ketika Anda menginginkan Dia lebih daripada rekreasi.

 

Nomor satu?

Tuhan adalah segalanya. Dia ada di berbagai aspek dalam kehidupan kita sehari-hari. Setiap hari, kita hidup dengan kesadaran akan hadirat dan kuasa Allah. Sebab di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada,(Kisah Para Rasul 17:28). Tuhan kita layak mendapat perhatian dalam apapun yang kita lakukan, katakan, dan pikirkan. Sebagai orang percaya, kita memiliki Roh Kudus di dalam kita yang mendorong kita menuju kebenaran dalam sikap dan perilaku.

Apakah Anda diberkati dengan artikel ini dan rindu agar orang lain ikut diberkati? Mari bersama-sama dengan kami terus menghasilkan konten-konten inspiratif dengan terus mendukung pelayanan kami dengan klik link di bawah.

 

 

DONASI

Sumber : Crystal McDowell | Jawaban.com | yk
Halaman :
1

Ikuti Kami