Manfaat Saat Kita Hidup Dalam Roh

Kata Alkitab / 4 July 2013

Kalangan Sendiri

Manfaat Saat Kita Hidup Dalam Roh

Lois Official Writer
23424

Sebelum manusia hidup dalam pertobatan, sudah dapat dipastikan hidupnya dikuasai oleh macam-macam perbuatan kedagingan. Tidak seorangpun yang dapat lolos dari cengkeraman perbuatan kedagingan ini. Dia bagaikan penjara yang mematikan, sebab pada akhirnya semua perbuatan kedagingan ini menjerumuskan manusia ke dalam maut atau kematian kekal. (Roma 8:6])

Allah yang adalah kasih sangat mengetahui penderitaan bahkan nasib yang akan menimpa manusia berdosa. Walaupun manusia telah memberontak dan mengkhianati-Nya, Tuhan tetap mengasihi manusia. Wujud kasih Allah itu, kita lihat dari inisiatif-Nya yang mau datang pada manusia. (bandingkan Yohanes 3:16, Roma 8:3).

Pengorbanan Yesus di atas kayu salib membawa keselamatan bagi manusia yang percaya sekaligus menawarkan pola hidup yang baru, pola hidup yang seturut kehendak Allah, yaitu hidup dalam pimpinan Roh Kudus. Jika hidup kita sudah dipimpin oleh Roh, maka kita tidak akan lagi menuruti keinginan daging (Galatia 5:16) dan kita pun memperoleh buah-buah Roh. Untuk mengetahui perbedaan hidup yang dipimpin oleh Roh atau bukan, berikut ini perbedaannya :

Roh memberi hidup dan damai sejahtera (Roma 8:2,10), sedangkan keinginan daging ialah maut

Hidup menurut Roh akan memikirkan hal-hal yang dari Roh (Roma 8:5, Galatia 5:17, 22-23) namun yang dari daging tentu hanya memikirkan dagingnya ([kitab]0Roma8:5[/kitab], [kitab]Galat5:19-21[/kitab])

Keinginan daging itu adalah perseturuan dengan Allah (Roma 8:7) sedangkan hidup dalam Roh adalah hidup sesuai dengan kehendak Allah

Orang yang hidup dalam daging akan mati (Roma 8:13) tetapi orang yang hidup dalam Roh akan hidup

Hidup dalam Roh membuat kita menjadi milik Kristus (Roma 8:9)

Hidup dalam Roh membuat kita diakui sebagai anak-anak Allah dan sebagai ahli waris (Roma 8:16-17)

Setelah kita mengetahui perbedaan dari dua macam pola kehidupan ini, sudah semestinya kita menyadari, sebagai anak-anak Allah kita harus hidup dalam pimpinan Roh Kudus. Hidup dalam pola hidup yang baru ini membuat kita berkenan di hadapan Tuhan atau selaras dengan kehendak Tuhan dan akhirnya membuat kita layak disebut anak-anak Allah. Selama kita terus berjuang, buah-buah Roh pun akan kita raih.

Sumber : buku mujizat setiap hari by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami