Mempersiapkan Calon Pemimpin
Sumber: spillarcounseling.com

Parenting / 11 September 2014

Kalangan Sendiri

Mempersiapkan Calon Pemimpin

Theresia Karo Karo Official Writer
5837

Bagi para orangtua, melihat anak berhasil adalah impian mereka. Oleh sebab itu penting menanamkan jiwa kepemimpinan bagi anak sedari kecil. Kepemimpinan yang baik terwujud saat pemimpin mampu mendorong dan memberi semangat kepada para bawahannya dalam mencapai suatu tujuan.

Pemimpin tidak selamanya menempati posisi tertinggi di organisasi. Melainkan bisa juga menjadi pemimpin dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Bagi orangtua yang masih bingung bagaimana menanamkan jiwa kepemimpinan pada anak, berikut ulasannya:

Latih Kemampuan Verbal Anak

Yang paling dasar adalah kekuatan komunikasi anak harus diasah. Idealnya saat anak mulai berumur satu tahun latihlah dia untuk lebih banyak berbicara. Kemampuan verbal juga menjadi modal dalam bersosialisasi.

Saat anak berumur tiga tahun ajak dia bermain dengan anak-anak lain seumurannya. Ini adalah waktu yang baik untuk mengajarkannya bergaul. Sehingga anak akan mengenal tingkah laku seperti apa yang disenangi dan yang tidak disenangi teman sebayanya.

Optimis dan Percaya Diri

Selanjutnya, bangun kepercayaan diri anak dengan memberikan lingkungan yang nyaman. Rasa bahagia, disayang, dan dipercaya dapat membantunya meningkatkan rasa percaya dirinya. Selain itu, penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki sikap optimis dan membuat keputusan.

Orangtua dapat memberi pujian, mengajarkan nilai agama, menjadi role model bagi anak, menegur, memberi solusi dan memacu jiwa kompetitif dengan mengikutsertakan anak-anak dalam lomba. Hindari membandingkan anak dengan orang lain atau mengejeknya di depan anak lain. Karena ini akan membuat anak kehilangan kepercayaan dirinya.

Konsekuen

Maksudnya adalah ajar anak untuk konsekuen dengan apa yang telah dikatakannya atau dengan kata lain bertanggung jawab. Anak yang memiliki integritas akan dihormati dan disegani oleh orang lain. Ajarlah anak untuk selalu menepati janjinya dan menaati peraturan rumah tangga yang telah disepakati bersama.

Berani Hadapi Resiko

Bantulah anak-anak untuk berani membuat keputusan. Salah satunya adalah dengan melibatkan anak dalam diskusi keluarga dan jangan terlalu membatasi (over protective). Ajak anak untuk berani mencoba hal-hal baru.

Ulet Adalah  Modal Sukses

Yang tergabung dalam sifat ulet adalah, sikap yang gigih, tekun, kreatif, rajin, penuh semangat, pantang menyerah, dan berpendirian kuat. Untuk pemimpin sejati, ajarlah anak untuk ulet dan memiliki ide-ide baru. Kembangkan keterampilannya atau bakat yang terlihat sejak saat ini.

Menjadi Teladan

Seorang pemimpin harus berdedikasi terhadap orang-orang yang dipimpinnya, bahwa teladan-teladannya baik sehingga pantas ditiru. Hal utama yang perlu ditanamkan sejak dini antara lain meliputi kejujuran, kesetiaan, kesabaran, kemurahan hati, kemampuan memandang jauh ke depan dan mengispirasi orang lain.

Bagi keluarga Indonesia yang ingin belajar cara membangun hubungan yang baik dalam keluarga, jangan sampai ketinggalan acara menarik One Day With Family. Ikuti talkshow interaktif bersama Elizabeth T. Santosa M.Psi (Psikolog anak dan keluarga)! Dengan tema, “Quality Time and Love Language”, yang akan berlangsung pada Minggu, 21 September 2014 di Main Atrium Mall Cilandak Town Square, Jakarta.

Selain talkshow, akan ada games seru dan pemilihan Best Family Costume. Acara ini terbuka untuk umum. Bagi anda yang tertarik bisa mendaftar dengan menghubungi nomor telepon 021.8990.5566 ext 337 atau bisa juga lewat SMS ke 0852.1533.5887 dengan format; nama (spasi) jumlah couples (spasi) jumlah anak. Daftarkan diri anda segera, tempat terbatas!

 


Sumber : Keluarga/Parenting.co.id by tk
Halaman :
1

Ikuti Kami