Rahasia Umum yang Bikin Anak Anda Cerdas
Sumber: shutterstock

Parenting / 28 May 2013

Kalangan Sendiri

Rahasia Umum yang Bikin Anak Anda Cerdas

Lois Official Writer
9374

Tingkat kecerdasan si buah hati didapatkan dari berbagai hal. Kita perlu menyadari sekolah dan tempat pendidikan bukanlah satu-satunya tempat yang bisa mencerdaskan otak anak. Berikut ini adalah beberapa hal yang turut berperan dalam kecerdasan anak, yaitu :

Pemberian ASI

Ketika anak kita masih bayi, salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan kecerdasannya yaitu dengan memberinya ASI eksklusif selama 9 bulan. Sebuah studi di Denmark menyatakan, pemberian ASI selama 9 bulan ini membuat anak lebih cerdas dari bayi yang hanya mendapatkan ASI satu bulan atau kurang.

Gizi yang Cukup

Mengkonsumsi makanan yang bergizi sangat diperlukan untuk membuat otak Anda bekerja lebih baik. Kita semua tahu hal ini. Sayangnya, seringkali dengan alasan lebih mudah, kita memberi anak makan dengan sembarangan seperti makanan junk food. Di masa pertumbuhan, otak anak membutuhkan nutrisi penting seperti asam lemak Omega 3 yang didapatkan dari ikan. Studi membuktikan bahwa anak-anak yang gemar menyantap ikan seperti tuna, salmon, dan cod memiliki pikiran yang tajam dan mencatat hasil yang baik dalam ujian.

Pengaruh Musik Pun Kuat

University of Toronto menyebutkan bahwa memperkenalkan musik pada anak bisa menjadi langkah yang tepat untuk melatih kemampuan otak kanan anak. Anak-anak yang bermain musik memiliki kemajuan yang pesat dalam IQ dan kemampuan akademik saat mereka menginjak usia remaja.

Mengenalkan Olahraga

Tim peneliti dari University of Illinois menyatakan bahwa ada hubungan yang kuat antara kebugaran fisik dengan prestasi akademik anak. Meningkatnya aliran darah dan oksigen ke otak saat berolahraga dianggap sebagai faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak saat mengerjakan soal-soal ujian.

Biasakan Sarapan

Membiasakan anak sarapan dapat meningkatakan memori dan konsentrasi saat belajar. Anak-anak yang tidak terbiasa sarapan akan cepat lelah dan sulit berkonsentrasi. Ini berhubungan dengan asupan gizi yang tidak didapatkannya saat pagi hari sehingga kemampuan otaknya menurun di siang hari.

Budayakan Membaca

Menurut Paul C. Burns, Betty D. Roe, dan Elinor P. Ross, pakar pendidikan dari Amerika, ada delapan aspek yang bekerja saat anak-anak terbiasa membaca yaitu aspek sensori, persepsi, sekuensial, pengalaman, berpikir, belajar, asosiasi, dan afeksi. Semua aspek tersebut merupakan faktor penting dalam meningkatkan kecerdasan dan kemampuan otak anak.

Nah, itu dia rahasianya jika Anda ingin anak Anda cerdas. Bagi yang belum memiliki anak, pengetahuan ini pun bisa dibagikan ke saudara-saudara sehingga mereka dapat mendidik anak mereka sehingga menjadi cerdas. Selamat berbagi ilmu dan menerapkannya.

Sumber : vemale.com by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami