Tips Mengatasi Pasangan yang Suka Tebar Pesona

Marriage / 13 October 2012

Kalangan Sendiri

Tips Mengatasi Pasangan yang Suka Tebar Pesona

Budhi Marpaung Official Writer
13080

Bagi beberapa orang yang sudah menikah, suka menebar pesona di saat sedang berada di keramaian atau sedang berada di komunitas tertentu bukanlah hal yang salah. Padahal jika mau ditanyakan kepada pasangannya, apa yang dilakukan oleh suami/istrinya tersebut adalah sesuatu yang menyakiti hatinya.

Pertanyaan tentu timbul, mengapa bisa begitu? Bukankah si pasangannya tidak melakukan selingkuh? Karena bagi suami/istri yang tersakiti, kebiasaan menebar pesona sama dengan pasangan kurang menghormati hubungan bersama yang mereka bina.

Bagi Anda yang saat ini sedang mengalami persoalan pasangan yang kerap tebar pesona, berikut sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya:

Berikan Penjelasan Komitmen Kapada Pasangan

Komitmen merupakan hal yang sangat penting dalam hubungan secara umum. Komitmen merupakan landasan berperilaku Anda dan pasangan dalam menjalankan suatu hubungan.

Beritahukan kepada pasangan bahwa salah satu bagian dari komitmen adalah saling menghargai, setia dan menghormati antara satu sama lain dan aksi tebar pesona adalah aksi yang tidak menghargai, tidak setia dan tidak menghormati pasangan sehingga aksi ini harus dihentikan.

Berikan Batasan Dalam Berperilaku

Berikan penjelasan kepada pasangan tentang hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam menjalin hubungan bersama. Buatlah batasan-batasan dalam berperilaku dan salah satu perbuatan yang tidak diijinkan adalah tebar pesona.

Jangan Menghakimi Pasangan

Perlu diketahui bahwa sikap pasangan Anda yang suka tebar pesona mungkin merupakan bagian dari kebiasaannya yang sudah lama dilakukan sehingga untuk berubah mungkin sangat sulit.

Dalam masalah ini yang harus Anda lakukan adalah berusaha memberikan kesempatan dan jangan menghakimi pasangan ketika pasangan tidak sengaja melakukan aksi tebar pesona.

Berikan Kepercayaan Kepada Pasangan

Kepercayaan merupakan motivasi utama pasangan berusaha untuk menjadi individu yang lebih baik. Berikan pasangan Anda kepercayaan maka pasangan akan berusaha untuk mematuhi komitmen yang telah ditetapkan untuk menjamin agar kepercayaan anda tetap ada padanya.

Berikan Semangat dan Pujian Kepada Pasangan

Merubah suatu kebiasaan merupakan hal yang sangat berat. Kebiasaan dan karakter manusia sebenarnya merupakan sesuatu yang hampir inheren yang sangat sulit dipisahkan.

Apabila pasangan Anda sudah berusaha untuk merubah kebiasaan buruknya, Anda wajib memberinya penghargaan seperti semangat atau pujian atas tindakannya.

Terapkan Resiprositas

Terapkan konsistensi dalam melaksanakan komitmen bersama. Hal yang sama juga berlaku pada Anda. Apabila pasangan dilarang tebar pesona maka Anda juga harus menjalankan hal yang sama atau melakukan resiprositas.

Jangan Menuntut Hasil Instan

Perubahan memerlukan waktu. Evolusi bakteri menjadi manusia memerlukan waktu jutaan tahun. Perubahan sikap juga memerlukan waktu jadi diharapkan Anda tidak menuntut pasangan merubah sifatnya secara instan.

Biarkan Waktu yang Menentukan

Setelah hal- hal di yang sudah dijelaskan di atas telah dilaksanakan maka biarkanlah waktu yang menentukan hasilnya. Diharapkan Anda memahami konsepsi bahwa suatu kebiasaan itu sulit dirubah maka jangan mengharapkan hasil instan dalam upaya Anda menghentikan sikap tebar pesonanya.

Biarkan waktu ikut membantu dalam proses pendewasaan diri pasangan dan pelaksanaan komitmen bersama tersebut.

Komunikasi dan keterbukaan adalah kunci utama di dalam rangka menjaga pernikahan agar tetap utuh dan mesra. Jangan biarkan kebiasaan buruk pasangan yang Anda ketahui Anda diamkan. Ingat, pasangan Anda bukanlah orang yang dapat mengetahui isi pikiran Anda sehingga langkah terbaik ketika Anda merasa tidak suka dengan apa yang pasangan Anda lakukan adalah berbicara dan mencari jalan keluar yang terbaik bersama-sama.

Baca juga :

Forum JC : Baksos dan Natal Forum JC di Panti Werdha Milenia

Tips-Tips Tetap Sehat dan Bugar di Saat Musim Hujan

Kitab-Kitab yang Akan Dibuka Pada Hari Penghakiman

Chord Lagu : Sahabatku

Sumber : perempuan.com/ bm
Halaman :
1

Ikuti Kami