Ciptakan Keharmonisan Dengan Keluarga Besar Pasangan

Marriage / 30 July 2012

Kalangan Sendiri

Ciptakan Keharmonisan Dengan Keluarga Besar Pasangan

Lois Official Writer
4338

Dua insan yang membentuk sebuah keluarga, juga menjadikan dua keluarga besar mereka menjadi satu. Seringkali antara orangtua wanita maupun orangtua pria terjadi kecanggungan, apalagi jika tidak ada kesamaan yang bisa dijadikan bahan pembicaraan, begitu juga Anda dengan keluarga besar pasangan. Agar tidak canggung dan menjadi satu keluarga apalagi pada saat acara kumpul bersama, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diikuti :

Memahami bahwa tiap orang berbeda

Di dalam suatu keluarga besar, tentunya ada banyak sifat maupun karakter yang berbeda dari setiap anggota keluarga. Hal ini perlu kita mengerti sehingga ketika ada perkataan ataupun perbuatan yang kurang menyenangkan kita rasakan, kita tahu bahwa tiap orang punya kekurangan termasuk keluarga besar.

Pelajari budaya pasangan

Mempunyai pasangan dengan kebudayaan yang berbeda dengan kita memang memerlukan banyak penyesuaian. Jika kita memang tidak tahu mengenai sesuatu, cobalah menjadikan hal itu sebagai bahan perbincangan yang menarik untuk ditanyakan pada anggota keluarga besar yang lain. Atau bisa juga bertanya kepada pasangan, agar kita dapat mengikuti pembicaraan mereka.

Pastikan siapa saja yang akan hadir

Anda bisa mengetahui siapa saja yang akan hadir dengan menanyakannya pada pasangan. Ketahui dengan lebih mendalam lagi, apa yang mereka sukai, apa yang tidak.

Pikir matang-matang sebelum bicara

Setiap orang bisa punya interpretasi yang berbeda terhadap apa yang kita bicarakan. Karena itu, cobalah sebaik mungkin mengeluarkan perkataan yang benar-benar positif.

Hindari gosip

Jika ada anggota keluarga yang sedang menggosipkan anggota keluarga lainnya, ada baiknya pembicaraan seperti ini dihindari. Hal ini hanya akan membuat kita berada di posisi yang serba salah. Alihkan pembicaraan jika Anda tengah berada di antara mereka atau ijin untuk melakukan suatu pekerjaan.

Jalinlah komunikasi

Jalin komunikasi sebaik mungkin dengan anggota keluarga pasangan. Tidak hanya dengan menghadiri berbagai acara yang diselenggarakan, namun cobalah paling sedikit menelepon mertua secara berkala. Beri mereka perhatian dan kasih sayang.

Hal-hal di atas bisa membuat hubungan kita bersama keluarga pasangan terjalin dengan harmonis. Ingatlah, bahwa Anda tidak lagi seorang diri. Karena manusia makhluk sosial, tentunya hal ini dapat dilakukan setelah melakukan beberapa kali ujicoba.

 

Baca Juga :

Berkat Penyakitnya, Petra Selamat Dari Tragedi Batman

Bahaya Sikap Protektif Ibu Terhadap si Buah Hati

Beli CD Hip Hop Rohani The Messenger = Bantuan Bagi Anak Jalanan

Sumber : ayahbunda.co.id by lois horiyanti/jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami