Cari Isteri yang Saleh atau Perempuan Jalang? (Sesi 2)

Marriage / 16 December 2012

Kalangan Sendiri

Cari Isteri yang Saleh atau Perempuan Jalang? (Sesi 2)

Papa Henokh Hizkia Immanuel Simamora Official Writer
6600

Beberapa waktu yang lalu kita sudah membahas sedikit soal wanita yang tidak baik, yang menjadi salah satu sumber kehancuran rumah tangga.  Pada sesi kedua ini kita akan membahas seperti apa wanita atau isteri yang saleh dan baik menurut Alkitab.

Kenapa hal ini begitu penting dan ada dalam pembahasan jawaban seks? Karena tanpa sadar banyak pria yang mengejar kecantikan dan kemolekan wanita dan berpikir bahwa keintiman seks merupakan sumber kebahagiaan dan kenikmatan seks akan diperoleh dari wanita yang seksi seperti yang dipropagandakan dunia pornografi. Ujung-ujungnya membuat para pria terjebak dan mabuk dengan apa yang ditawarkan dunia sehingga mereka gagal untuk hidup maksimal memuliakan TUHAN.

Berbeda dengan dunia yang menganjurkan seseorang menggunakan minuman keras dan sejenisnya untuk kepuasan hubungan seks. Amsal 31 : 1-9 justru melarang keras seorang pemimpin mengingini minuman keras. Begitu pula dilarang keras jika seorang pemimpin/bangsawan mencari perempuan yang orientasinya hanyalah kepuasan nafsu seks. Karena itu pada ayat 1-9 ini terdapat nasihat dan peringatan yang tegas dari seorang ibu yang baik kepada anaknya mengenai bahaya wanita jalang dan minuman yang memabukkan bagi kepemimpinan seorang raja atau bangsawan.

Lalu pada ayat 10-31, Amsal 31 ini secara kusus membahas karakteristik wanita atau isteri yang saleh dan baik. Dimana penulis amsal menyamakan isteri yang baik/saleh jauh lebih berharga dari permata yang mahal.

1. Wanita yang saleh adalah wanita yang bisa dipercaya dan suaminya tidak akan mengalami kerugian. Isteri yang baik bisa dan mampu dipercaya secara keuangan, mengelola harta/usaha, memegang rahasia, dan dipercaya perkataannya maupun ketulusan hatinya dalam banyak hal. (ayat11)

2. Wanita yang saleh memiliki komitmen, seumur hidupnya mau mengabdi dengan setia untuk berbuat baik kepada suaminya. Berbuat baik dan setia bagi suami dan anak-anaknya memang jadi tujuan hidupnya. (ayat 12)

3. Wanita yang saleh rajin dan senang bekerja dengan tangannya sehingga tersedia pakaian dan tempat tidur yang bersih dan hangat bagi suami dan anak-anaknya, dan tersedia makanan sehat dan bergizi bagi suami dan anak-anaknya. (ayat 13-14)

4. Wanita yang saleh suka bangun pagi saat masih gelap karena harus membagikan tugas kepada para pelayannya dan mempersiapkan makanan untuk seisi rumahnya. (ayat 15)

5. Karena wanita saleh bisa dipercaya secara keuangan, maka uang tersebut diinvestasikan kepada sesuatu yang berguna dan ia mengelola investasi tersebut dengan baik. (ayat 16)

6. Wanita saleh lebih fokus pada kerja keras dan menabung demi masa depan anak dan keluarganya. (ayat 17-19)

7. Wanita saleh juga murah hati dan suka menolong orang yang miskin, menderita dan tertindas. (ayat 20)

8. Karena wanita saleh senang bekerja keras, melayani, menabung, berinvestasi dan menolong orang lain maka wanita ini tidak takut dan kuatir akan masa depan dan tidak suka makanan kemalasan. (ayat 21-22, 24-25, dan 27)

9. Karena semua ini suaminya dikenal dan dihormati orang bahkan ketika duduk di antara bangsawan dan tua-tua negeri. (ayat 23)

10. Wanita saleh dapat berkomunikasi dengan baik. Lidah dan bibirnya terdapat hikmat dan pengajaran yang lemah lembut.Sehingga anak dan suaminya suka, sayang bahkan bangga padanya. (ayat 26 & 28)

Tahukah Anda bahwa wanita dengan 10 karakteristik ini sesungguhnya tetap memiliki gairah seksual yang normal dan bagus. Bahkan wanita dengan 10 karakteristik ini dapat membantu suaminya untuk bersama-sama mencapai kenikmatan/kebahagiaan hubungan suami isteri.

Wanita dengan 10 karakteristik ini merupakan wanita yang cinta TUHAN, yang belajar tunduk pada suami dan belajar menjadi penolong yang baik bagi suaminya dengan segala kekurangan dan kelebihan suaminya.

Pada ayat terakhir dari pasal 31 ini kembali Amsal menegaskan bahwa kemolekan adalah bohong dan kecantikan adalah sia-sia, tetapi isteri yang takut akan TUHAN dipuji-puji.

 

Baca Juga :

Cari Isteri yang Saleh atau Perempuan Jalang? (Sesi 1)

Libatkan Anak Membuat Resolusi Tahun 2013

Beberapa Pilihan Resolusi Bagi Anda Mengakhiri 2012

Mengajarkan Arti Natal Yang Sebenarnya Kepada Anak

Wow! Nenek 66 Tahun Sang Juara Angkat Besi

Obama Menangis Karena Warganya

Kurang Dari Setahun Ada 1.500 Kasus Perceraian di Malang

Sumber : jp.simamora l jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami