?Marlboro Boys?, Bocah Pecandu Rokok Indonesia yang Disorot di TIME
Sumber: Time.com

Nasional / 20 August 2014

Kalangan Sendiri

?Marlboro Boys?, Bocah Pecandu Rokok Indonesia yang Disorot di TIME

Lori Official Writer
6750

Media Amerika Serikat (AS) TIME menerbitkan sebuah foto essay berjudul ‘Marlboro Boys: Photographing Underage Smoking in Indonesiapada Senin (18/8) kemarin. Berita ini diambil oleh seorang fotographer Kanada, Michelle Siu dari hasil reportasenya pada 10 Februari 2014 silam di Indonesia.

 

‘Marlboro Boys’ merupakan rujukan pada seorang bocah Indonesia yang bernama Dihan Muhammad yang pernah menghabiskan dua bungkus rokok per hari. Dalam foto essay itu, Michelle mendokumentasikan aksi santai Dihan saat tengah mengisap sebatang rokok di samping ibunya yang sedang menyusui sang adik. Dari 13 foto dokumentasi Michelle,  beberapa diantaranya mengambarkan aksi merokok bocah kelas 1 sekolah dasar (SD) ini sebelum berangkat sekolah, sedang lainnya adalah potret kebiasaan merokok anak remaja Indonesia lainnya.

 

“Mereka menghisap dan mengeluarkan asap rokok seperti orang dewasa yang telah bertahun-tahun merokok. Beberapa dari mereka mampu menghabiskan rokok dua bungkus sehari sejak mereka masih kecil,” kata Sui dengan penuh prihatin.

 

Dalam tulisannya, TIME membandingkan tingkat merokok di negara Barat dengan di Indonesia. Data statistik mencatat bahwa di Indonesia lebih dari 60 persen penduduknya laki-laki rutin merokok, berbeda dengan negara Barat yang justru telah mengalami penurunan kebiasaan merokok. Sui berpendapat bahwa di merokok tampak sudah menjadi budaya bagi penduduk Indonesia. Indonesia yang dikenal pula sebagai penghasil tembakau turut memberi andil atas maraknya produksi rokok tembakau.

 

Kasus yang menimpa Dihan Muhammad mungkin hanya satu dari sekian kasus anak pecandu rokok di Indonesia dan bahkan disoroti media luar. Kasus rokok ini menunjukkan buruknya kondisi pertumbuhan anak-anak Indonesia. Selain itu, lemahnya peran serta orang tua dan besarnya pengaruh negatif lingkungan juga berpartisipasi menularkan kebiasaan merokok sejak kecil pada anak. Sebagai orang tua yang tak ingin menyaksikan anak-anak Anda terjerumus ke dalam kebiasaan dan pergaulan buruk, seperti merokok, minum minuman  beralkohol, serta konsumsi narkoba, saatnya bagi Anda untuk ikut dalam talkshow interaktif keluarga One Day With Family (1DWF) yang akan membahas seputar ‘Quality Time & Love Language’ dalam keluarga. Acara ini diselenggarakan pada Minggu, 21 September 2014 di Main Atrium CITOS, Jakarta. Informasi pendaftaran dan lainnya silahkan hubungi telp 021.89950.5566 ext 337 atau sms ke 0852.1533.5887.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Tangkal Radiasi Dengan Konsumsi Makanan Ini

 

4 Manfaat Kopi Bagi Suasana Hati yang Kerap Diabaikan

 

6 Tips Mengontrol Gangguan Bipolar

 

Diskusikan Kekurangan, Solusi Langgengnya Pacaran

 

Menghukum Sang Predator Seksual Bukan Solusi

Sumber : Time.com/Detik.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami