6 Lukisan Bersejarah Gereja Guatemala Raib Dicuri
Sumber: Bbc.web.id

Internasional / 8 February 2014

Kalangan Sendiri

6 Lukisan Bersejarah Gereja Guatemala Raib Dicuri

Lori Official Writer
5416

Enam lukisan reliji bersejarah raib dari sebuah gereja di kota Antiqua, Guatemala. Lukisan-lukisan itu adalah karya penting buatan tangan pelukis kenamaan Guatemala di abad ke-18 bernama Thomas Merlo. 

Sebagaimana dikutip dari Globalpost, Sabtu (8/2), dua pria tak dikenal diduga menjadi pelaku pencurian. Mereka berhasil melumpuhkan penjaga Gereja saat tengah menutup Gereja, lalu mengikatnya sebelum beraksi pada Rabu (5/2). Pencuri sukses memotong enam lukisan itu dari bingkainya.

Saat ini, Interpol tengah berupaya mengejar pelaku dan memperingati berbagai pihak atas terjadinya tindakan pencurian itu. Sementara UNESCO, yang aktif terlibat dalam melindungi benda-benda bersejarah tengah berupaya untuk mencari lukisan-lukisan itu.

Adapun lukisan-lukisan itu diketahui tergantung dengan 11 rangkaian lukisan yang didedikasikan secara khusus oleh para seniman  untuk ‘The Passion of Christ’. Enam lukisan Merlo itu dibuat dengan gaya Barok dan menjadi ciri khas karya pelukis terkenal itu di era kolonial.

Pencurian lukisan religi ini menjadi kali kesekian, setelah pekan lalu kotak pusaka Paus Yohannes Paulus II juga dicuri dari gereja setempat. Ini menjadi indikasi bahwa gereja juga rentan menjadi target tindak kriminalitas. Dari itu, diperlukan pengamanan gereja yang lebih baik, terutama bagi gereja yang menyimpan benda-benda berharga di dalamnya.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Paus Fransiskus Dihadiahi Patung Cokelat

Rapper Kristiani Ini Tentang Lagu Homoseksual Grammy Award

The Lego, Ketika yang Biasa Dipakai Secara Luar Biasa

Pria Ini Klaim Hidup Tanpa Bekal di Laut Selama 14 Bulan

Kardinal Tagle: Pemulihan Paska Haiyan Bukti Kesatuan Gereja

Pdt. Palti Panjaitan: Polisi di Bawah Tekanan Massa Intoleran

Sumber : Globalpost.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami