Tragis, Milisi Bersenjata Habisi 22 Jemaat Gereja Nigeria

Internasional / 29 January 2014

Kalangan Sendiri

Tragis, Milisi Bersenjata Habisi 22 Jemaat Gereja Nigeria

Lori Official Writer
5118

Milisi bersenjata yang diduga kelompok Boko Haram menghabisi sebanyak 99 orang warga termasuk 22 jemaat gereja di sebuah desa terpencil Waga Chakawa, Timur Laut Nigeria, saat tengah melakukan ibadah pada Minggu (26/1).

Seperti yang diberitakan oleh Aljazeera, Selasa (28/1), pasukan Boko Haram menyerang gereja saat ibadah Minggu pagi, dengan melempar tembakan dan bahan peledak ke arah gereja.

“Mereka menembakkan senjata, bahan peledak dan menyandera jemaat,” kata Juru Bicara Keuskupan Katolik Yola, Reverent Raymond Danbouye, Seperti dilansir Aljazeera.com, Selasa (28/1).

Aksi lainnya juga terjadi, saat milisi merusak rumah dan menembaki warga di desa Kawuri, Borno. Sedikitnya 52 orang tewas dan 16 orang lainnya luka-luka. Sebanyak 300 rumah yang dihuni habis dibakar.

Tercatat sebanyak 200 orang tewas dalam aksi-aksi penyerangan brutal kelompok Boko Haram sepanjang bulan ini di sekitar wilayah Timur Laut Nigeria. Dengan itu Presiden Goodluck Jonathan mengumumkan bahwa Nigeria tengah dalam kondisi darurat.

Aksi brutal kelompok oposisi ini tengah bergulir sejak tahun 2009. Mereka dinilai menjadi ancaman besar bagi warga sipil Nigeria. Belum ada solusi perdamaian dari pemerintah untuk menghentikan aksi brutal ini. Mari berdoa bagi negara-negara yang telah dalam konflik saat itu termasuk Nigeria.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Boko Haram Kembali Serang Gereja, Puluhan Jemaat Tewas

Gereja Inggris Tetapkan Aturan Postingan di Media Sosial

Gereja Serukan Perdamaian Bagi Ukraina

Edy Suandi Hamid : 'Caleg' Rentan Stres Pascapemilu

Jawaban.com Membawa Inspirasi

Sumber : Aljezeera.com/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami