Tips Agar Kerja Tak Halangi Rencana Kuliah
Sumber: Lowkerr.com

Career / 10 September 2014

Kalangan Sendiri

Tips Agar Kerja Tak Halangi Rencana Kuliah

Lori Official Writer
3770

Meski telah bekerja dan memiliki karir yang baik, banyak diantara kita yang justru bermimpi besar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Nah, persoalan yang kerap dihadapi adalah sulitnya mengatur waktu antara kuliah dan kerja.

 

Jika Anda punya keinginan besar ingin kembali mengecap dunia pendidikan, maka Anda perlu memperhatikan beberapa hal ini:

 

1. Pilihan prioritas utama

 

Memilih dua pilihan yang sama-sama penting memang akan sedikit memusingkan, namun Anda harus tetap memilih salah satu prioritas utama dari dua pilihan tersebut. Bagi pekerja purna waktu, kuliah mungkin bukanlah hal yang mudah untuk dijalankan, sehingga Anda perlu memikirkan cara menyeimbangkan kedua hal itu.  

 

2. Pilih pekerjaan yang fleksibel

 

Pekerjaan yang fleksibel akan jauh lebih mudah disesuaikan dengan jadwal kuliah. Berbeda dengan para pekerja purna waktu yang kerap  dituntut agar tetap produktif bekerja. Sebelum melanjutkan rencana kuliah, pikirkan terlebih dahulu apakah rela melepas pekerjaan dan mencari pekerjaan yang lebih fleksibel? Atau tetap mempertahankan karir Anda dan mengefektifkan waktu yang Anda punya untuk kedua aktifitas tersebut.

 

3. Minta persetujuan atasan

 

Anda adalah karyawan yang sudah lama mendedikasikan diri Anda di tempat kerja, dengan itu akan jauh lebih mudah untuk menceritakan rencana kuliah Anda kepada atasan. Mungkin saja dengan itu, Anda mendapat dukungan atau beberapa kesepakatan khusus.

 

4. Ambil kuliah khusus karyawan

 

Melihat besarnya kebutuhan pekerja dalam hal pendidikan, beragam lembaga pendidikan bahkan memberi kemudahan lain bagi pekerja yang hendak melanjutkan pendidikannya. Banyak institusi atau akademi yang menawarkan kuliah akhir pekan (Sabtu dan Minggu), sehingga dapat para pekerja tak perlu kuatir dengan karir yang Anda jalani sepanjang minggunya. Tetapi persoalannya, Anda harus bersedia menerima risiko kehilangan waktu berharga dengan keluarga serta istirahat yang semakin minim.

 

Bila Anda merasa bahwa pendidikan adalah sesuatu yang patut untuk dikejar, maka kejarlah. Bisa jadi kualifikasi yang Anda miliki lewat pendidikan tersebut membawa Anda melangkah menuju peluang besar demi masa depan yang lebih baik.  

 

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Orang Tua Model Terbaik Anak

Lelah dan Bosan di Kantor? Take 5 Minutes Break Ini!

Isi Waktu 10 Menit Pertama Kerja Dengan Aktivitas Ini!

5 Cara Agar Merdeka Tuntaskan Deadline Kerja

Naskah Berusia 1500 Tahun Ungkap Sejarah Alkitab

Siksaan Kejam Suami Pecandu Narkoba Terhadap Istri

Sumber : Wollipop.detik.com/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami