Bebas Utang? Merdekakan Hidup dengan Sikap Ini!
Sumber: Portalinvestasi.com

Investment / 17 August 2013

Kalangan Sendiri

Bebas Utang? Merdekakan Hidup dengan Sikap Ini!

Lori Official Writer
4664

Utang memang memiliki dua sisi yang berbeda, yakni baik dan buruk. Sisi baiknya, bila hutang dilandasi dengan hal yang benar yaitu sebagai modal usaha. Sementara sisi buruknya yaitu bila kebiasaan hidup dan ketidakdisiplinan membayar utang menjadi kehancuran hidup Anda di masa mendatang.

Hidup dibayangi dengan lilitan utang memang sangat berisiko, sebab setiap bulannya Anda akan dibebani oleh utang yang menunggu didepan pintu. Jika Anda sudah merasa bosan dengan kondisi demikian, maka saatnya untuk melakukan rekonsiliasi ulang penataan keuangan. Berhutang memang boleh-boleh saja selama Anda mampu dan disiplin membayarnya setiap bulan. Namun bila tidak, maka tunggakan sana sini akan semakin membebani Anda. Nah, saatnya Anda belajar cara tepat mencontoh sikap hidup bebas utang berikut ini.

# Detail dalam perhitungan pengeluaran.

Sebelum mengeluarkan uang tanpa tujuan yang tepat, cermatlah dalam memperhatikan kondisi keuangan Anda.  Hitung jumlah penghasilan lalu tentukan daftar pengeluaran yang penting saja setiap bulannya.

#Bayar tagihan tepat waktu

Melunasi utang tepat pada waktunya membantu Anda untuk tidak kewalahan membayarnya di kemudian hari. Tanpa disadari, melunasi utang merupakan investasi masa depan sebab merupakan sikap yang tepat untuk tidak terlilit hutang dikemudian hari. Saat sudah taat mencicil utang dengan disiplin maka sedikit demi sedikit Anda tidak akan merasakan bahwa utang tersebut bukanlah sebuah ancaman bagi masa depan Anda.

#Memiliki penguasaan diri

Orang-orang yang mampu mengendalikan keuangan tidak akan pernah khawatir dnegan pemakaian kartu kredit. Mereka akan jauh lebih selektif dalam penggunaan kartu transaksi yang bersifat fleksibel tersebut. Kartu tersebut hanya akan dipakai saat harus memenuhi kebutuhan tertentu saja.

#Memiliki penghasilan tambahan

Banyak orang yang tampaknya telah sukses dalam memerdekakan diri dari utang-utang yang melelahkan pikiran. Kunci paling banyak digunakan oleh orang-orang demikian adalah dengan menambah penghasilan dari sumber lainnya. Bila ingin mendapat passive income atau pendapatan yang diperoleh tanpa harus bekerja, maka investasi tabungan dalam bentuk asuransi atau reksadana merupakan pilihan yang tepat.

Nah, bila Anda memang sudah merasa bosan dengan lilitan hutang yang seakan menerkam Anda setiap saat, pikirkan dan lakukan sikap-sikap bijak diatas. Hal yang terpenting yang perlu Anda ingat adalah sikap bijak dan perilaku pengelolaan keuangan Anda yang harus tepat sasaran.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Tips Bebas Finansial di Usia Muda (1)

Saatnya Berhenti Nge-Tweet di Usia Produktif (1)

6 Langkah Merdekakan Diri Dari Label "Pegawai"

Jasa Penitipan Sepeda Motor, Bisnis Tepat Libur Panjang

TUHAN Menolongku Melunasi Biaya Kuliah!

Sumber : Rider?s Digest | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami