Tips Bebas Finansial di Usia Muda (1)
Sumber: Wordpress.com

Spirituality / 13 August 2013

Kalangan Sendiri

Tips Bebas Finansial di Usia Muda (1)

Lori Official Writer
9839

Setiap pekerja tentunya memiliki fokus dan tujuan agar mencapai kebebasan secara finansial sejak usia muda. Menurut Ahmad Gozali, seorang perencana keuangan menyebutkan bahwa kebebasan finansial adalah suatu kondisi keuangan dengan pencapaian investasi yang cukup banyak, relatif aman dan hasilnya mencukupi kebutuhan untuk hidup dengan gaya hidup yang kita inginkan. Artinya bahwa nilai uang yang dapat ditabung masih lebih besar dibandingkan dengan nilai pengeluaran yang harus dibelanjakan untuk kebutuhan.

Setiap pekerja yang telah mengalami hal ini, cenderung sudah terbebas dari kekuatiran akan kekurangan dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Pekerja yang sudah berada ditahap ini tidak lagi memprioritaskan pendapatan bulanan pekerjaan sebab masih memiliki tabungan atau investasi yang cukup. Pekerja lajang dan muda sangat mudah untuk mencapai tahap ini bila disertai dengan pengaturan keuangan yang lebih cerdas dan disiplin.

Berikut tips yang perlu Anda terapkan untuk mencapai kebebasan finansial dimasa muda:

1. Menabung secara berkesinambungan

Gozali menganjurkan agar menabung secara disiplin dan berhemat lalu beberapa waktu kemudian tabungan itu dapat diputar menjadi investasi sampingan yang akan menjadi passive income. “Menabung memang menunda kesenangan di masa sekarang, tetapi hasilnya sangat efektif untuk mencapai tujuan yang lebih besar di masa mendatang,” kata Gozali. Disiplinlah menyisihkan uang tabungan sebanyak 30 persen dari pendapatan bulanan Anda. Sementara untuk 70 persen lainnya dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan hidup.

2.Hidup hemat dan hijau

Pekerja lajang yang masih muda sangat rentan hidup konsumtif. Diperkirakan sekitar 40-50 persen dari pendapatan dapat habis untuk kebiasaan menghamburkan uang diluar karena tidak membiasakan diri untuk hidup lebih sederhana. Namun, bila Anda mencoba untuk hidup lebih hijau misalnya, memasak sendiri dan mengonsumsi kebutuhan yang sebatas penting, maka 70 persen dari biaya kebutuhan Anda kemungkinana tidak akan habis. Maka fokuskan diri untuk mencapai tujuan hidup yang lebih mapan.

3. Bebaskan diri dari lilitan tagihan kredit bulanan

Ingat Anda tidak dapat mengotak-atik kembali biaya yang telah direncanakan sebelumnya. Untuk pengeluaran kebutuhan jatah 70 persen tersebut sudah termasuk ke dalam biaya tagihan Anda setiap bulannya misalnya kredit motor atau barang. Jadi atur kembali keuangan Anda sesuai dengan budget belanja.

Cara hidup Anda dimasa muda akan menentukan kehidupan Anda dimasa yang akan datang. Proses kerja keras yang dilakukan di masa ini memang akan sangat menyakitkan, sebab menuntut diri untuk berhemat dan cenderung kurang bebas, namun hasil kedisiplinan ini akan Anda dapatkan dikemudian hari.

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Saatnya Berhenti Nge-Tweet di Usia Produktif (1)

Siasati Pembengkakan Anggaran Belanja di Hari Raya

Apakah Belanja Tanpa Anggaran Lebih Hemat?

Kelola Uang Saat Tak Lagi Jadi Karyawan (2)

Sumber : Kompas.com | Jawaban.com | Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami