Sukses Memulai Usaha Kuliner Dengan Modal Minim
Sumber: Google

Investment / 24 July 2013

Kalangan Sendiri

Sukses Memulai Usaha Kuliner Dengan Modal Minim

Puji Astuti Official Writer
28211

Kata orang, asalkan makanannya enak, walau tempatnya berada di gang kecil dan tidak strategis, pasti usaha itu akan laris manis dan dikenal orang. Itulah salah satu filosofi bisnis kuliner di negeri ini, dan banyak orang melakukannya, karena ada benarnya.

Makanan enak, buat lidah ketagihan

Bisnis kuliner tentu saja fokus pada kualitas makanannya. Karena seindah apapun Anda mengemas produknya tapi rasanya tidak memuaskan, maka Anda akan sulit untuk bersaing. Untuk itu salah satu langkah yang Anda perlu melakukan diawal adalah riset dan juga uji coba untuk menemukan formula yang tepat sehingga makanan tersebut membuat orang ketagihan. Selanjutnya adalah menjaga kualitas tersebut dengan melakukan Quality Control (QC).

Berani memulai dari yang kecil

Salah satu kelebihan dari bisnis kuliner ini adalah Anda bisa memulai sekalipun modalnya terbatas. Banyak usaha kuliner yang berhasil memulai dari berjualan di depan rumah, garasi atau bahkan dengan gerobak keliling.

Banyak yang sudah membuktikan hanya bermodalkan beberapa ratus ribu rupiah, namun dengan kerja keras dan kegigihannya, akhirnya berhasil menjadi jutawan di bidang kuliner.  Contohnya adalah Riezka Rahmatiana, pemilik waralaba gerai "Justmine Pisang Ijo." Dalam sebuah wawancara Riezka mengaku memulai usaha bermodalkan uang Rp.150.000,- hasil menjual telephone selulernya. Kini ia telah memiliki 250 gerai yang menjual pisang ijo, padahal dirinya sendiri bukan asli Makasar, namun mau berinovasi.

Layanan pelanggan yang baik

Membuat pelanggan Anda puas dengan makanan yang Anda jual bukanlah hasil akhir yang ingin Anda capai, melainkan membuat pelanggan itu sangat puas sehingga mau menceritakan kepada rekan-rekannya tentang produk Anda. Ya, pelayanan pelanggan yang baik akan berujung kepada promosi gratis dari mulut ke mulut. Sebuah cara promosi yang dijamin akan membuat Anda sukses.

Mempersiapkan manajemen yang baik

Saya percaya Anda memiliki visi yang besar ketika memulai usaha bukan? Seperti kisah Riezka di atas, dia berhasil membuat usaha kecilnya menjadi sebuah waralaba yang kini mulai merambah pasar luar negeri. Hebat bukan? Apa kuncinya? Mempersiapkan manajemen yang baik. Karena bisnis kuliner yang berhasil tidak berhenti pada makanan yang enak, namun juga rencana bisnis yang jelas,  manajemen yang rapi dan sumber daya manusia yang unggul.

Baca juga artikel lainnya :

4 Langkah Mudah Memulai Usaha Peternakan

Billy Stade, Memulai Usaha Dari Satu Toko Kecil

Baru Lulus? Kenapa Tidak Memulai Usaha Saja

The Conjuring, Film Horor Yang Mengekspose Keimanan

Kartu Kredit: Berhutang Tanpa Malu-Malu

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami