4 Langkah Mudah Memulai Usaha Peternakan
Sumber: anneahira.com

Investment / 8 May 2013

Kalangan Sendiri

4 Langkah Mudah Memulai Usaha Peternakan

Puji Astuti Official Writer
40155

Peternakan, usaha yang satu ini mulai dilirik untuk menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Mulai dari peternakan ayam, kambing, sapi, atau ikan bisa menjadi pilihan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk Anda yang mau mencoba memulai.

1. Tentukan jenis ternak
Tentu hal ini adalah yang paling mendasar, memilih untuk beternak hewan apa. Lakukan riset dan juga pertimbangkan kemampuan dan juga lahan yang Anda miliki. Hobi bisa menjadi salah satu dasar untuk pemilihan ternak, karena jika Anda sudah  menyukainya maka tidak akan sulit untuk menekuninya.

2. Pemilihan lahan
Untuk beberapa jenis ternak seperti kambing dan sapi, tentu membutuhkan lahan yang luas. Namun jika lahan terbatas, bisa memilih ternak kecil-kecilan seperti ayam kampung atau ternak ikan seperti ikan lele dengan membuat bak semi permanen.

Namun jika benar-benar niat memulai usaha ternak, pilihlah lahan yang luas dan cukup jauh dari pemukiman. Hal ini untuk menghindarkan konflik dengan penduduk terkait limbah dan juga bau menyengat yang merupakan salah satu efek sampingnya.

3. Mempelajari cara pemeliharaannya dengan benar
Hewan ternak bagaimanapun merupakan mahluk hidup yang butuh dipelihara dengan baik dan seksama, tak ubahnya manusia. Ternak juga bisa terkena penyakit bahkan wabah. Untuk itu sebelum memulai, pelajari dengan baik cara pemeliharaan, lakukan riset bahkan jika mungkin carilah mentor yang sudah bergelut dibidang tersebut.

4. Bangun jaringan
Jaringan yang kuat adalah kunci pemasaran yang berhasil, untuk ternak seperti ayam atau ikan, selain bisa menjual langsung kepada konsumen Anda juga bisa membangun kerjasama dengan restoran, hotel atau penjual di pasar. Dengan memiliki pelanggan tetap, maka bisa dipastikan usaha Anda akan berjalan dengan baik.

Ingatlah bahwa tidak ada usaha yang terlalu kecil untuk ditekuni, semua yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah walau menghadapi banyak tantangan dan kegagalan, pada suatu saat pasti akan memberikan hasil. Jadi semangat dan raihlah kesuksesan mulai detik ini.

Baca juga artikel lainnya :

Kisah Peternak Domba Dan Pemburu

Terapi Musik, Bikin Ayam Tidak Gampang Mati

Keuntungan Saat Roh Kudus Tercurah

Saat Tangisan Digunakan Anak Sebagai Alat

Kandungan Wanita Ini Selamat Setelah Jatuh Ke Sungai

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami