Sita Devi, Bebaskan Anak India Dari Polio
Sumber: Detik.com

Serba-Serbi Sehat / 29 May 2014

Kalangan Sendiri

Sita Devi, Bebaskan Anak India Dari Polio

Lori Official Writer
4584

India menjadi negara yang diklaim sudah bebas dari serangan penyakit polio yang rentan menyerang anak-anak. Hal ini tidak terlepas dari pengabdian dari sejumlah wanita India yang rela berkeliling dengan berjalan kaki menempuh jarak ratusan kilometer di bawah terik matahari dan membangikan vaksin kepada masyarakat secara gratis.

Adalah Sita Devi, salah satu wanita yang turut andil dalam proses memerangi penyakit polio di negeri bunga teratai ini. Wanita berusia 57 tahun itu, bekerja di sebuah pusat perawatan kesehatan India, Aanganwadis dan bekerja sama dengan Pulse Polio Initiative, bagian program pemerintah. Sebanyak 12.1 miliar vaksin polio akhirnya sukses mengakhiri kasus polio anak di India.

“Wanita-wanita ini terkadang harus mendatangi lebih dari 500 rumah dalam sehari. Motivasinya bukan uang. Mereka bekerja tanpa lelah karena komitmen mereka untuk menghilangkan polio,” kata Koordinator  Regional Aanganwadis, Rajesh Sigh, seperti dirilis Detik.com, Kamis (29/5).

Uniknya, wanita yang disapa ‘bibi polio’ ini mengaku kerap mengadapi tantangan ketika berhadapan dengan keluarga yang menolak diimunisasi. Bermodalkan kesabaran, Sita dan rekan-rekannya  memberi penjelasan. Anak-anak India itu bahkan tidak menolak untuk divaksin dengan imbalan diberi permen atau cokelat. “Saya sering kecapekan berjalan kaki sampai 8-10 km di tengah panas untuk menemui mereka. Tapi saya akan terus melakukan ini selama saya masih diberi kesehatan,” kata Sita.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Kecanduan Makanan dan Cara Mengatasinya

8 Alasan Kenapa Anda Harus Berhenti Merokok

Delapan Tahun Sudah, Apa Kabar Lumpur Lapindo?

Redam Konflik, Thailand Blokir Media Sosial

Sumber : Detik.com/Jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami