Ini Antibodi Untuk Cegah Virus MERS

Serba-Serbi Sehat / 1 May 2014

Kalangan Sendiri

Ini Antibodi Untuk Cegah Virus MERS

Lori Official Writer
4607

Kasus penyebaran Sindrom Pernapasan Timur Tengah (Mers-CoV), yang marak menyerang para jemaah haji dan banyak menimbulkan kematian ini tampak telah menemukan solusi. Para peneliti dari Amerika Serikat dan Tiongkok menyatakan telah menemukan antibodi penetral guna mencegah infeksi virus masuk ke dalam sel-sel tubuh manusia.

Dua tim studi ini mempublikasikan hasil studinya di dua jurnal berbeda. Seperti hasil studi Tim Tiongkok yang dipublikasikan di jurnal ilmiah Kedokteran Transnasional menemukan dua antibodi bernama MERS-4 dan MERS-27 yang mampu memblokir sel dalam cawan laboratorium dari infeksi virus MERS.

“Meski masih awal, hasil studi ini menunjukkan bahwa antibodi terutama yang digunakan dalam kombinasi, menjadi bagian menjanjikan untuk mengatasi MERS,” seperti ditulis dalam studi tersebut.

Sementara hasil studi Tim Amerika dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS), mengatakan penemuan atas panel tujuh antibodi penetral memberikan peluang jangka panjang bahwa vaksin maupun obat bisa dikembangkan untuk melawan MERS.

Sejak kasus ini merebak, pemerintah Arab Saudi telah menemukan sebanyak 26 kasus baru virus MERS dan 10 kematian di akhir pekan lalu. Sehingga total korban terinfeksi mencapai 339 kasus, dan 102 diataranya meninggal dunia.

Virus Mers diidentifikasi serupa dengan Sindrom Pernapasan Akut (SARS) yang mewabah di Tiongkok pada tahun 2002-2003 dan telah menewaskan sebanyak 800 jiwa.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya:

Langkah Ampuh Cegah Virus MERS

Ahok: Buruh Boleh Demo Asal Jangan Merusak

Musim Pancaroba Timbulkan Hujan Es dan Penyakit

Cara Mencegah Penularan Virus MERS

Sumber : Antara/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami