Musim Pancaroba Timbulkan Hujan Es dan Penyakit
Sumber: Tipsmu-tipsku.com

Serba-Serbi Sehat / 24 April 2014

Kalangan Sendiri

Musim Pancaroba Timbulkan Hujan Es dan Penyakit

Lori Official Writer
4036

Bulan April dan Mei merupakan masa transisi dari musim hujan ke musim kemarau. Sehingga kondisi cuaca cenderung tak menentu. Umumnya pagi hari cerah dan siang hingga sore pertumbuhan awan kuat.

Kondisi ini memungkinkan terjadinya proses pembekuan awan yang naik ke atas, dan bila turun hujan maka akan berubah menjadi hujan es. Salah satu dampak nyata musim pancaroba ini adalah fenomena turunnya hujan es di kawasan Kebun Jeruk, Jakarta Barat pada Selasa (22/4).

“Pada masa pancaroba di akhir musim hujan ke musim kemarau ada kemungkinan seperti itu etrjadi hujan es,” kata Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Mulyono Rahadi Prabowo, seperti dirilis Antaranews.com, Rabu (23/4).

Namun proses berlangsungnya hujan es itu, katanya, hanya berkisar antara lima sampai 10 menit. Musim pancaroba diperkirakan akan terjadi hingga akhir Mei. Sehingga perubahan musim juga akan berdampak kepada rentannya penyebaran penyakit. Perubahan temperatur udara tentu akan sangat berpengaruh pada daya tahan tubuh atau anti bodi.

Menurut analisis medis, musim pancaroba akan rentan menimbulkan beragam jenis penyakit seperti pernapasan batuk, bronchitis, pilek atau influenza, bersin-bersin dan demam. Sementara penyakit lain yang perlu diwaspadai adalah tersebarnya berbagai jenis virus ke dalam makan atau minuman sehingga mengakibatkan diare.

Untuk mencegah ini, seperti perbanyak minum air putih, konsumsi makanan bersih dan sehat, hidup sehat dengan olahraga, mengkonsumsi suplemen serta istirahat yang cukup.

Bila Anda sudah menerapkan pola hidup sehat di atas, niscahaya serangan penyakit dapat Anda tepis. Meski musim pancaroba menghadang, namun Anda dan seluruh anggota keluarga tetap fit. Salam sehat!


Baca Juga Artikel Lainnya:

Cegah Penyakit Di Musim Pancaroba

Sunpride, Buah Lokal Dengan Branding Global

Berkebun Buah Tambah Pendapatan Pekerja Kantoran

Menyelami Pribadi Unik Istri Yang Mandiri

Putriku Tewas Hanya Sebulan Sebelum Ulang Tahun Sweet Seventeen-nya

Sumber : Berbagai Sumebr/jawaban.com/ls
Halaman :
1

Ikuti Kami