Suka Mengunyah Es Tanda Orang Menderita Anemia

Serba-Serbi Sehat / 18 June 2012

Kalangan Sendiri

Suka Mengunyah Es Tanda Orang Menderita Anemia

Budhi Marpaung Official Writer
12378

Kebiasaan mengunyah es (pagophagia) ternyata memiliki hubungan yang dekat dengan anemia. Adapun hubungan dekat yang dimaksud disini adalah es menjadi tanda fisik dalam mengetahui apakah seseorang menderita kekurangan sel darah merah atau tidak.

Sebuah hasil penelitian terbaru memperlihatkan seorang penderita anemia yang sering mengunyah es batu, tingkat zat besi di dalam darahnya dapat mencapai batas normal. Namun, hal ini ternyata memiliki efek negatif yaitu dapat membuat gigi cedera. Selain itu, mengunyah es batu dapat memicu abses dan melemahkan struktur gigi yang bisa menyebabkan gigi patah dan retak.

Mayo Clinic berani bahkan secara tegas menyatakan dalam situsnya meskipun latar belakang orang mengunyah es belum diketahui, tetapi dengan ia mengonsumsi es dalam frekuensi yang cukup sering sudah dapat dipastikan ia mengalami gejala anemia.

Sebagai informasi tambahan, dalam dunia kedokteran, kebiasaan mengunyah es batu termasuk ke kategori Pica, yaitu masalah medis yang mencerminkan keinginan untuk makan sesuatu yang tidak memiliki nilai gizi. 

Sampai hingga saat ini, hasil penelitian diatas belum dibantah baik oleh para ilmuwan lain maupun masyarakat sekitar.

Baca juga : 

Kopdar Photo Hunting

Euro 2012 : Hasil Pertandingan Denmark vs Jerman 1-2

Demi Kemenangan, Suporter 2012 Datangi Gereja 

Sumber : tribunnews.com / budhianto marpaung
Halaman :
1

Ikuti Kami