Anak Diare, Jangan Anggap Remeh!
Sumber: Shutterstock.com

Serba-Serbi Sehat / 22 January 2014

Kalangan Sendiri

Anak Diare, Jangan Anggap Remeh!

Lori Official Writer
5142

Hampir setiap anak mengalami diare dari waktu ke waktu, penyebabnya adalah infeksi yang kerap terjadi di dalam lambung. Acap kali orang tua abai bila anak terserang diare, padahal penyakit ini cukup berbahaya.

Meskipun hasil survei lembaga sosial di Seattle, Washington menemukan lewat Program Vaksin Rotavirus bahwa sebanyak 40 persen dari 29 kasus kesehatan anak seperti AIDS, tuberculosis dan malaria merupakan tiga kematian tertinggi anak, namun nyatanya, kematian anak-anak lebih banyak disebabkan oleh penyakit Pneumonia, diare dan malaria.

Berdasarkan data WHO, tercatat sebanyak 1.9 juta kematian pada anak dibawah lima tahun disebabkan oleh penyakit diare. Dua pertiganya terjadi di 15 negara di Asia dan Afrika. Meksi diare hanya sebatas iritasi semata, namun tak diabaikan, bahwa penyakit ini mampu membunuh sebanyak 5000 anak per harinya.

Diare pada anak umumnya disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit. Virus penyakit ini dapat menjangkiti tubuh lewat beragam medium, seperti lewat:

- tangan yang kotor

- makanan dan minuman yang terkontaminasi

- binatang peliharaan

- kontak langsung dengan kotoran penderita diare

Di sisi lain, anak juga dapat terserang diare akibat laktosa (zat gula) susu. Hal ini disebabkan oleh intoleransi laktosa dimana tubuh anak tidak dapat memproduksi laktase, atau enzim yang dibutuhkan untuk mencerna laktosa menjadi glukosa dan galaktosa dalam jumlah yang cukup.  Bila anak mengalami hal demikian, maka segera hentikan konsumsi susu.

Segeralah periksakan anak ke dokter bila mengalami gejala seperti diare yang berkepanjangan, demam tinggi, muntah dan menolak minuman cair, nyeri perut dan tinja tampak seperti lendir bercampur darah. Waspadalah bila diare terjadi lebih dari satu minggu.


Baca Juga Artikel Lainnya:

Musim Hujan dan Banjir, Waspadai Penyakit Ini!

5 Makanan untuk Penderita Diare

Waspada Diare Saat Cuaca Ekstrim

Ahok: Saya Sikat Semua Rumah di Bantaran Sungai!

Kritikan untuk SBY: Pentingkan Partai Ketimbang Bencana

Superbook di Kota Batam Dihadiri Ribuan Peserta

Sumber : Thejakartapost.com/Kidshealth.org/Lori
Halaman :
1

Ikuti Kami