Cara Menjaga Stamina di Musim Hujan
Sumber: Tipsmu-tipsku.com

Info Sehat / 19 January 2014

Kalangan Sendiri

Cara Menjaga Stamina di Musim Hujan

Lori Official Writer
5185

Seperti diprediksi bahwa ibu kota Jakarta akan diguyur hujan lebat sepanjang dua bulan ke depan. Jadi bagi setiap warga Jakarta baik yang tengah dalam kemalangan akibat banjir dan sejumlah wilayah yang juga mengalami curah hujan yang tinggi, perlu memperhatikan kesehatan tubuh. Pasalnya musim hujan rentan dengan penyebaran beragam penyakit.

Jadi agar tetap fit sepanjang musim penghujan, dibutuhkan cara untuk menjaga stamina seperti berikut ini:

Mandi setelah terkena hujan

Setelah terkena hujan, jangan menunda untuk mandi jika tidak ingin sakit. Seorang dokter umum, Dr Ashish Patel mengatakan, jika sudah terkena hujan, maka segeralah mandi untuk melindungi diri dari infeksi kuman. Hindari pula pengunaan AC jika rambut masih dalam keadaan basah agar tidak terkena influenza dan demam.  

Jaga kebersihan rumah

Musim hujan akan menjadi sumber penjangkitan penyakit menular seperti halnya demam berdarah. Genangan air dapat menjadi sarang jentik-jentik nyamuk penyebab demam berdarah. Jadi rajinlah membersihkan tempat tinggal dengan membuang sampah dan menutup genangan air.

Cuci tangan sebelum makan

Mencuci tangan sebelum makan sangat penting guna menghindari penjangkitan mikroorganisme ke dalam tubuh. Cucilah tangan sesering mungkin dengan sabun anti bakteri.

Rajin Olahraga

Mencegah serangan penyakit di musim hujan juga dapat dilakukan dengan melatih tubuh lewat olahraga. Manfaat olahraga sangat penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta menjaganya tetap bugar. Aktifitas seperti bersepeda dan jongging secara teratur setiap pagi hari pun sudah cukup bagi tubuh.

Konsumsi herbal alami

Cuaca yang dingin akan sangat mudah menimbulkan flu atau demam. Tapi dengan mengkonsumsi minuman herbal seperti madu,ginseng, jahe, bawang putih atau sop hangat akan mampu meningkatkan sistem  imun tubuh. Tubuh akan terasa hangat di tengah dinginnya cuaca.

Mencegah lebih baik dari mengobati. Jadi perhatikan kesehatan tubuh Anda. Jangan sampai musim hujan membuat Anda drop dan menghambat aktifitas Anda sehari-hari. Salam sehat!


Baca Juga Artikel Lainnya:

Fakta, Kusta Tidak Menular Bila Telah Sembuh 

Peringatan Hari Kusta, Bukti Tingginya Penderita Kusta di Dunia

Kebutuhan Nutrisi Bagi Penderita Kusta/Lepra

4 Sumber Tambahan Pendapatan Bulanan

Tetap Kerja Produktif Setelah Libur Panjang

Pencipta Senapan AK-47, Mengaku Berdosa Atas Banyak Nyawa

Paus Fransiskus Sebut Praktik Aborsi 'Mengerikan'

Superbook di Kota Batam Dihadiri Ribuan Peserta

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com/LS
Halaman :
1

Ikuti Kami